Tuesday, August 20, 2019

Menjaga Kesehatan Gigi Pada Anak

Selamat datang di situs informasi kesehatan faniujangherbal.blogspot.com yang pada kesempatan ini akan memberikan pembahsan mengenai cara menjaga kesehatan gigi anak-anak. Informasi selengkapnya, silahkan simak berikut ini.

Menjaga Kesehatan Gigi Pada Anak




Dalam mencegah kerusakan gigi pada anak-anak dapat dimulai dengan melakukan perawatan gigi lebih awal. Sejumlah kebiasaan bisa dilakukan untuk mencegah gigi berlubang dan menjaga gigi tetap sehat. Di antaranya:

  • Menjalankan pemeriksaan gigi secara rutin

Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi saat anak berusia 1 tahun untuk mengetahui kondisi gigi anak. Melakukan pencegahan lebih awal bisa membantu menurunkan biaya perawatan dan perbaikan di masa mendatang.

  • Menjaga kebersihan gigi

Menyikat gigi merupakan kebiasaan baik yang butuh dilakukan sejak awal. Adapun sebelum bayi mempunyai gigi, maka gusi merupakan bagian yang perlu di bersihkan dengan lembut. Gunakan air pada kain yang lembut untuk membersihkan gusi bayi. Ketika bayi sudah mempunyai gigi, maka gunakan sikat gigi yang berbulu halus serta gunakan juga pasta gigi mengandung fluoride. Sikatlah gigi bayi 2 kali sehari.

  • Hindari memberi susu bayi ketika tidur

Cairan manis yang menempel di gigi dari susu akan digunakan oleh bakteri penyebab kerusakan gigi sebagai sumber makanan. Apabila anak mempunyai kebiasaan "ngedot" sebelum tidur maka pastikan hanya berisi air putih.

  • Membatasi pemberian jus pada anak

Biasanya orang tua menganggap jus adalah pilihan yang sehat untuk di konsumsi, namun nyatanya jusa bisa memicu kerusakan gigi. Batasi konsumsi jus pada anak untuk tidak lebih dari 400ml per hari 100% jus buah.

  • Mengajari anak untuk minum dengan gelas

Memberikan minuman dengan gelas mampu membantu anak-anak untuk beralih dari botol dot ke gelas.

  • Batasi penggunaan dot hingga 2 atau 3 tahun

Konsumsi minuman dengan menggunakan dot dalam jangka panjang bisa mempengaruhi letak pertumbuhan gigi. Selain itu, penggunaan botol dot dalam jangka panjang bisa menyebabkan perubahan bentuk mulut.

  • Berhati-hati dalam penggunaan obat-obatan yang manis

Umumnya obat-obatan untuk anak diberi tambahan rasa dan pemanis. Adapun anak-anak yang menggunakan obat untuk kondisi kronis seperti asma dan masalah jantung mempunyai resiko lebih tinggi untuk mengalami kerusakan gigi. Antibiotik dan sejumlah obat asma bisa menyebabkan infeksi jamur yang dikenal dengan sariawan. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dalam menentukan frekuensi menyikat gigi jika menggunakan obat jangka panjang.

  • Selalu ajari anak untuk mnyikat, floss dan kumur

Biasanya anak-anak sulit untuk melakukan aktivitas seperti menyikat gigi, flossing, dan kumur. Jangan membiarkan anak untuk melewatkan jadwalnya membersihkan gigi.

Kebiasaan baik yang mulai ditanamkan sejak dini untuk menjaga kesehatan gigi bisa membantu anak-anak terhindar dari ganguan atau penyakit yang menyerang gigi di masa mendatang.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara menjaga kesehatan gigi pada anak. Semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

    ReplyDelete