Monday, August 12, 2019

Mengatasi Maag Untuk Ibu Hamil

Selamat datang kembali di situs kesehatan faniujangherbal.blogspot.com yang pada kesempatan ini, kami akan memberikan pembahasan informasi mengenai mengatasi maag untuk ibu hamil. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Mengatasi Maag Untuk Ibu Hamil



Mempunyai penyakit asam lambung atau maag memang tidak nyaman, terlebih jika Anda sedang hamil. Saat Anda tidak hamil kondisi ini tidak mudah untuk diatasi apalagi saat Anda hamil.

Sewaktu hamil, umumnya ukuran rahim akan membesar seiring dengan perkembangan janin. Adapun dengan pembesaran rahim, organ di dalam rongga perut pun akan ikut terdesak termasuk asam lambung sehingga asam lambung pun terdorong dan mengalir kembali ke kerongkongan. Kondisi ini disebut dengan penyakit gastroesophageal reflux.

Dalam masa kehamilan, tentunya bunda memang harus berhati-hati terhadap obat-obatan yang diminum. Hal ini karena terdapat sejumlah obat yang memiliki efek samping mempengaruhi perkembangan janin terutama apabila diminum pada trimester pertama atau 3 bulan pertama kehamilan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa Bunda lakukan untuk mengurangi gejala maag atau asam lambung ketika hamil, antara lain:
  • Makan tepat pada waktunya
  • Makan tidak terlalu kenyang
  • Hindari makanan berlemak dan pedas sebab bisa mengiritasi lambung
  • Jangan berbaring setelah makan, setidaknya berikan waktu 3-4 jam sampai makanan turun ke saluran pencernaan
  • Kurangi stress


Apabila sudah melakukan hal-hal tersebut namun keluhan Bunda masih menetap, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter kandungan. Adapun biasanya dokter akan memberikan obat pengatur asam lambung yang aman untuk kehamilan seperti antasida.

Informasi obat maag yang aman bagi ibu hamil dan menyusui klik disini.

Sekian pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara mengatasi maag untuk ibu hamil. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment