Wednesday, August 21, 2019

Rutin Konsumsi Lengkuas Apa Khasiatnya?

Khasiat Lengkuas - Faniujangherbal.blogspot.com - Lengkuas merupakan salah satu rempah herbal yang sering digunakan sebagai bumbu masak yang memiliki tekstur kasar dan daging yang keras dan berserat. Dibalik perannya lengkuas ini memiliki khasiat bagi kesehata tubuh lho. Berikut beberapa khasiatnya.

Rutin Konsumsi Lengkuas Apa Khasiatnya?



1. Meringankan sakit tenggorokan dan batuk


Penyakit tenggorokan sakit dan batuk dapat ditangani dengan mengonsumsi lengkuas, sebab lengkuas bertindak sebagai ekspekton dan berguna untuk mengobati penyakit pernapasan. Caranya, campurkan bubuk atau irisan lengkuas ke dalam air panas, kemudian tamnbahkan jeruk nipis kedalamnya. Lalu biarkan selama beberapa menit, setelah tidak terlalu panas dapat mengonsumsinya dan sakit tenggorokan pun akan mereda.

2. Mengobati diabetes


Efek antibakteri di dalam lengkuas dapat menghilangkan bakteri patogen penyebab penyakit diare, seperti fruktosa dan laktosa. Juga bisa menghambat metabolisme karbohidrat dan meminimalkan lonjakan glukosa dalam darah. Hal tersebut menjadi manfaat dari nutrisi dalam lengkuas yang setara dengan obat antidiabetik sintetik. Obat herbal ini kaya akan atioksidan yang mampu melindungi hati dan pankreas dari kerusakan.

3. Menyehatkan kulit


khasiat lengkuas untuk kulit ialah untuk menyehatkan kulit membuatnya lebih halus, mencegah radikal bebas yang masuk ke tubuh dari kandungan antioksidannya, vitamin C nya berperan meremajakan sel-sel kulit dan menjaga kulit tampak lebih muda dari penuaan. Caranya, oleskan daging lengkuas pada area kulit yang infeksi atau mengalami panu sebanyak 2-3 kali sehari. Tetapi apabila memiliki alergi pada ikan, udang atau berbagai makanan laut sehingga membuat kulit gatal, minumlah racikan potongan lengkuas atau teh setiap hari untuk menghilangkan alerginya.

4. Mencegah tumor dan kanker


Komponen pada lengkuas bernama galangin mempunyai sifat anti kanker yang bisa mencegah kanker paru-paru dan kanker payudara, juga sangat efektif untuk menyembuhkan kanker kulit melanoma, hepatoma, dan kanker usus besar. Selain itu, berkhasiat untuk menghambat jalur enzim xanthin yang memicu perkembangan tumor. Dengan mengonsumsi lengkuas, menambahkannya ke dalam masakan supaya terhindar dari penyakit kronis.

5. Mendukung Kesehatan Otak


Lengkuas memliki sifat anti-inflamasi yang mempunyai efek perlindungan pada otak, rempah ini mengurangi degenerasi otak yang berkaitan dengan usia. Serta kandungan fitonutrien yang bisa menekan protein TNF-alpha untuk melawan depresi. Dengan mengonsumsi lenguas dan menjadikannya bumbu masakan sehingga kesehatan otak terjaga dan rawan terkena Alzheimer.

Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.

1 comment:

  1. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

    ReplyDelete