Thursday, August 22, 2019

Obat Tradisional Dari Serai

Khasiat Serai Untuk Obat - Faniujangherbal.blogspot.com - Serai biasa digunakan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Namun, ternyata serai juga sering di jadikan bahan baku untuk membuat sabun, minyak atau lotion karena baunya yang harum.

Obat Tradisional Dari Serai




Kandungan antibakteri dan antimikroba pada serai sangat baik untuk mencegah infeksi. Juga terdapat kandungan senyawa analgesik yang berguna untuk meredeakan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri pada otot dan sendi. Serai ini pun banyak digunakan untuk menurunkan panas, mengobati batuk, pengahngat badan, obat kumur serta meluruhkan dahak.

Selain untuk kesehatan, serai ini juga bermanfaat menyembuhkan penyakit, diolah sebagai obat tradisional seperti obat sakit gigi, obat batuk, obat maag atau obat keseleo. Berikut resep yang dapat di coba :

1. Obat sakit gigi


Resepnya : Rebus sekitar 40 gram daunserai dalam 2 gelas air hingga air tinggla 1/2 gelas. Kemudian kumur-kumur untuk mengatasi sakit gigi.

2. Obat maag


Resepnya : Hampir sama dengan obat sakit gigi, 40 gram serai direbus dengan air 2 gelas biarkan sampai air tersisa 1/2 gelas. Lalu minum air rebusan serai tadi 2 kali sehari untuk mendapatkan khasiatnya.

3. Obat batuk


Resep 1 : 50 gram daun serai kering di rebus  dalam 2 gelas air. Tunggu sampai air menyusut sampai 1/2 gelas. Setelah itu, minum 3 kali sehari untuk mengusir batuk.

Resep 2 : Ambil akar serai sebanyak 5 gram. Cuci bersih lalu rebus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Kemudian dibagi 2 hasil rebusan untuk diminum pada pagi dan sore hari.

4. Obat terkilir atau keseleo


Resepnya : 2 batang serai, 3 buah kemiri dan sedikit air lalu ditumbuk. Panaskan diatas api. Setelah cukup pasa, tempatkan pada bagian yang terkilir.

Itulah sebagian obat tradisional yang didapat dari serai, ada juga sebagai obat pengusir nyamuk dan obat menghilangkan nyeri dan pengahangat tubuh. Selamat mencoba resepnya.

1 comment:

  1. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

    ReplyDelete