Tuesday, August 20, 2019

Manfaat Jadi Pendonor Darah

Faniujangherbal.blogspot.com - Tahukah Anda, bahwa WHO mengungkapkan kebutuhan darah nasional suatu negara ialah 2% dari jumlah penduduk untuk setiap harinya. Ini setara dengan 4,5 juta kantong darah setiap tahunnya. Menjadi pendonor darah bisa memberikan manfaat banyak bagi penerimanya. Berdasarkan Palang Merah Amerika dinyatakan bahwa satu donasi bisa menyelamatkan tiga nyawa. Istimewanya donasi juga akan memberikan manfaat bagi para pendonor. Apa saja beragam manfaatnya? Silahkan simak berikut ini.

Manfaat Jadi Pendonor Darah





Beberapa manfaat yang bisa didapatkan apabila Anda jadi seorang pendonor darah, di antaranya:

  • Meningkatkan produksi sel darah merah

Dengan donor darah bisa membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah yang akan membuat sumsum tulang belakang menjadi memproduksi lagi sel darah merah yang telah hilang. Dengan begitu, sebagai pendonor akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali mendonorkan darah. Hal inilah yang menjadi langkah baik unuk menstimulasi / memicu pembuatan darah baru.

  • Menjaga kesehatan jantung

Berdasarkan penelitian di tahun 2013 di temukan bahwa donor darah bisa secara signifikan menurunkan kadar kolestrol total dan LDL serta menurunkan resiko penyakit jantun. Kadar zat besi yang tinggi bisa meningkatkan resiko serangan jantung. Hal ini karena zat besi yang tinggi di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolestrol sehingga akan meningkatkan resiko terjadi serangan jantung dan stroke. Adapun dengan melakukan donor darah dengan rutin dapat menurunkan kadar zat besi dan menurunkan kekentalan darah.

  • Membantu menurunkan berat badan

Diketahui bahwa dengan menyumbangkan 450ml darah bisa membantu proses pembakaran kalori kira-kira 650 kalori.

  • Mendeteksi penyakit lebih dini

Hal ini karena setiap akan melakukan donor darah, maka akan dilakukan pemeriksaan sebagai prosedur standar. Berbagai penyakit akan di periksa seperti HIV, hepatitis B, Hepatitis C, sifilis dan malaria.

  • Menjaga kesehatan psikologis

Mendonorkan darah akan memberikan manfaat baik bagi kesehatan emosional dan psikis, seperti menurunkan tingkat stress, menjaga kestabilan emosional, menjaga kesehatan fisik, membantu menyingkirkan perasaan negative, meningkatkan rasa memiliki.

  • Menurunkan resiko terjadinya kanker

Dengan menyumbangkan darah, maka zat besi yang ada pada darah tetap berada di kondisi yang sehat. Adapun penurunan kadar zat besi dalam tubuh dikaitkan dengan penurunan resiko kanker.

Informasi rekomendasi obat untuk segala jenis penyakit klik disini.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat jadi pendonor darah, semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat.

1 comment:

  1. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

    ReplyDelete