Wednesday, August 21, 2019

Khasiat Dari Biji Srikaya

Khasiat Biji Srikaya - Faniujangherbal.blogspot.com - Buah srikaya yang dikenal berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak dan daging buahnya berwarna putih. Buah yang berasal dari daerah tropis ini mempunyai kandungan nutrisi sehat seperti vitamin A dan antioksidan.

Khasiat Dari Biji Srikaya




Selain daging buahnya yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, ternyata biji dari buah ini juga berkhasiat bagi kehidupan sehari-hari. Biji hitam dari buah ini memang tidak dapat dikonsumsi sebab sedikit beracun. Akan tetapi, bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain seperti berikut ini :

1. Mengusir serangga


Biji srikaya bisa membantu mengatasi serangan serangga, semut dan nyamuk. Caranya: mencampurkan biji srikaya yang sudah dihaluskan menjadi bubuk dalam air dan biarkan selama beberapa hari. Setelah siap digumakan, taburkan campuran di sekitar rumah, khususnya di daerah yang sering terdapat serangga. Insektisida yang dibuat dari biji srikaya harus dijauhkan dari mata sebab mempunyai potensi untuk membutakan seseorang untuk sementara waktu.

2. Produksi Bio-Gas


Kandungan asam lemak pada biji srikaya terperangkap yang kaya akan metil-ester yang menimbulkan produksi gas. Ketika menikmati buah srikaya sebagai cemilan malam, dianjurkan untuk membuang semua bijinya dengan hati-hati sebab racun yang terdapat biji srikaya dan jika tidak sengaja terkonsumsi dapat menyebabkan sakit perut parah.

3. Membasmi kutu rambut


Selain shampo dan obat khusus untuk membasmi kutu di rambut, ternyata ada cara yang lebih alami ialah menggunakan biji srikaya. Dengan cara: terlebih dahulu giling biji srikaya menjadi bentuk bubuk, campurkan dengan sedikit air sampai membentuk pasta. Lalu oleskan di kepala dan biarkan selama 10 menit. Cuci hingga bersih dengan air dingin biasa.

4. Pestisida alami untuk tanaman


Campuran yang sama juga dapat digunakan sebagai pestisida untuk tanaman rumah. Menaburkan beberapa tanaman yang terinfeksi secara teratur selama 10-15 hari untuk menghilangkan serangga pemakan daun secara keseluruhan. Pertisida beracun ini ampuh digunakan dalama pertanian komersial, karena alami serta tidak bahaya bagi ekologi. 

Itulah beberapa khasiat dari biji buah srikaya yang dapat dimanfaatkan untuk membasmi serangga. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.

1 comment:

  1. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

    ReplyDelete