Friday, August 2, 2019

Penanganan Pertama Redakan Muntah Pada Anak

Faniujangherbal.blogspot.com - Umumnya anak yang mengalami muntah-muntah akan disertai demam, adapun hal ini menandakan bahwa anak mengalami infeksi virus, bakteri, hingga parasit. Lantas, bagaimana cara menghentikan muntah-muntah tersebut pada anak? Berikut ulasan lengkapnya.

Penanganan Pertama Redakan Muntah Pada Anak




Beragam infeksi yang bisa menyebabkan muntah-muntah pada anak diantaranya infeksi saluran kemih, demam dengue, meningitis (infeksi selaput otak), ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) dan sebagainya.

Selain muntah dan demam, infeksi pada anak juga kerap menimbulkan gejala nyeri otot dan sendi, mengalami lemas, mudah lelah, menurunnya nafsu makan, serta sensasi tidak enak badan lainnya.

Adapun hal lain yang bisa menyebabkan muntah-muntah ialah keracunan makanan, radang usus, serta alergi.

Apabila muntah yang dialami anak Anda sangat sering, maka sebaiknya tidak membiarkannya. Dikhawatirkan hal ini bisa membuat gejala semakin buruk seperti keringat berlebih saat anak demam, sehingga anak mengalami dehidrasi dan gangguan keseimbangan elektrolit. Bila sudah seperti ini, maka tidak main-main, nyawa dapat menjadi taruhannya.

Pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan, yaitu:
  • Jangan panik atau cemas berlebihan
  • Tidak memberikan sembarang obat tanpa resep dokter
  • Beri anak lebih banyak minum bila perlu buatkan oralit
  • Beri anak makan sedikit tapi sering, terutama pemberian makanan yang lunak dan berkuah agar bisa di cerna.
  • Jangan dulu memberi anak makan buah dan sayuran yang asam juga banyak mengandung gas
  • Pakaikan anak baju yang nyaman dan menyerap keringat
  • Berikan obat paracetamol untuk membantu menurunkan demamnya


Jika kondisi anak tidak membaik, segeralah periksakan ke dokter agar kondisi anak dapat dievaluasi lebih lanjut seperti dengan pemeriksaan fisik. dan tes penunjang (contohnya laboratorium, rontgen, USG, dan sebagainya). Adapun untuk kasus yang ringan, dokter akan memberikan anak Anda beberapa jenis obat dibarengi dengan penanganan mandiri di rumah. Dan untuk kasus yang parah, dokter akan menganjurkan agar anak Anda menjalani perawatan lebih lanjut di rumah sakit.

Sekian pembahasan mengenai penanganan pertama untuk redakan muntah pada anak. Semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment