Saturday, August 3, 2019

Waspadai Dehidrasi Kulit

Faniujangherbal.blogspot.com - Ternyata bukan hanya tubuh tapi kulit pun juga bisa mengalami dehidrasi. Seperti apa dan bagaimana langkah menjaga kelembapan kulit? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

Waspadai Dehidrasi Kulit




Dehidrasi kulit atau yang kita kenal dengan kulit kering ialah kondisi dimana kulit kekurangan cairan pada lapisan epidermis sehingga menyebabkan hilangnya faktor pelembap alami kulit yang berakibat terhadap turunnya tingkat kelembapan.

Berikut ini kondisi yang harus diwaspadai saat mengalami dehidrasi kulit, yakni:
  • Kulit terasa kencang dan gatal, khususnya sesudah dicuci, mandi, ataupun berenang.
  • Kulit tampak kusam dan terasa kasar.
  • Terdapat garis-garis halus atau mengelupas pada kulit bagaian tubuh tertentu.


Di Balik Dehidrasi Kulit


Epidermis (lapisan terluar kulit) terbagi menjadi 4 jenis lapisan sel-sel kulit yang salah satunya ialah stratum corneum. Stratum corneum (SC) ialah membran lipid-protein yang sangat berperan ketika kulit mengalami dehidrasi. Cairan di lapisan epidermis ini berfungsi untuk menjaga elastisitas serta mencegah kulit menjadi kering.

Pada stratum corneum inilah, ada komponene penting yaitu moisturizing factor (NMF) atau faktor pelembap alami yang bertugas menjaga kadar cairan pelembap kulit. NMF adalah perpaduan molekul higroskopik (sifat menarik dan menahan air) yang membantu menjaga hidrasi pada stratum corneum. Adapun sebagian kandungan dari NMF adalah garam (termasuk elektrolit), urea, dan laktat juga asam amino.

Proses produksi NMF bergantung pada kelembapan lingkungan sekitar. Ketika kadar cairan kurang dari 10%, maka permukaan kulit akan menjadi kering. Kemungkinan kulit kering ini merupakan tanda tubuh kekurangan cairan.

Kita bisa mencegah kondisi dehidrasi kulit dengan minum elektrolit secara rutin kapan saja, bisa juga sebelum tidur agar kulit tetap terjaga kelembapannya dari dalam. Elektrolit mampu menggantikan komponen natrium, kalium, dan magnesium tubuh yang hilang melalui keringat.

Sekian pembahasan informasi yang bisa kami sampaikan mengenai dehidrasi kulit. Semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment