Wednesday, April 17, 2019

Alasan Kenapa Mata Sering Berair

faniujangherbal.blogspot.com - Ketika sedang melakukan aktifitas, sering kali mata berair tanpa sebab. Biasanya tidak dibarengi rasa gatal atau nyeri, meski begitu mata yang berair sering mengganggu. 

Inilah Alasan Kenapa Mata Sering Berair




Air mata mempunyai peran penting pada mata, yaitu menjaga kelembapan pada mata dan membantu menghilangkan partikel atau debu yang masuk kedalam mata. Komposisi dalam air mata juga dapat melindungi mata dari infeksi. Air mata keluar melalui saluran air mata. Ketika air mata yang terbentuk terlalu banyak maka akan memenuhi saluran air mata dan menyebabkan mata berair.

Mata berair bisa disebabkan oleh beberapa penyebab, mulai dari alergi, infeksi, saluran air mata tersumbat, keseimbangan komponen air mata yang tidak tepat. Berikut merupakan penyebab mata berair :

1. Infeksi Mata


Kemungkinan terjadinya peradangan dan kelebihan air mata merupakan tanda terjadinya infeksi pada mata seperti mata terlihat merah muda. Tanda lainnya berupa penglihatan yang kabur, nanah, lendir pada mata atau timbulnya merah pada kelopak mata. Terapi pengobatan dapat dilakukan dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab infeksi adalah dari bakteri atau virus.

2. Mata Kering


Mata yang mengalami iritasi maka sistem kekebalan tubuh dapat memberikan respon dengan memproduksi air mata. Kondisi ini biasanya disertai dengan sensasi menyengat, terbakar, kemerahan dan gangguan pada penglihatan. Mata kering dapat diatasi dengan menggunakan air mata buatan, tetapi apabila kondisi tidak berkurang maka berkonsultasilah dengan dokter spesialis mata.

3. Reaksi Alergi


Sebagian orang mempunyai alergi dan ada juga yang mengabaikan reaksi alerginya. Penyebab reaksi alergi yaitu serbuk sari, bulu binatang peliharaan, dan asap dapat menyebabkan mata menjadi merah, gatal dan berair. Untuk meredakan reaksi alergi dapat diredakan dengan obat antihistamin atau berkonsultasi dengan dokter.

4. Bulu Mata Tumbuh Kedalam


Seseoang orang pernah mengalami pertumbuhan bulu mata yang tidak lazim yakni mengarah kedalam mata sehingga menimbulkan gesekan dengan mata. kondisi tersebut bisa mengiritasi dan menimbulkan produksi air mata berlebih. Bulu mata yang tumbuh kedalam harus dicabut dan harus dengan bantuan dokter. Sebab bila kondisi ini dibiarkan dapat menyebabkan masalah yang serius seperti goresan dan luka pada kornea.


5. Saluran Air Mata Tersumbat


Mata mempunyai saluran seperti pipa yang membuat air mata dan dapat mengalir ke hidung. Saat saluran menjadi sempit atau tersumbat, air mata dapat kembali naik dan mata berair. Ditandai dengan terjadinya saluran tersumbat yang merupakan timbul lendir, bulu mata berkerak, pandangan kabur dan timbul darah di air mata. Apabila hal ini terjadi berulang maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk mendapatkan terapi yang tepat.

6. Gangguan pada Kelopak Mata


Kelopak mata adalah bagian dari sistem yang melembabkan mata. Bila terdapat gangguan salah satu organ pada sistem maka akan menyebabkan air mata tidak mengalir seperti seharusnya dan membuat mata menjadi berair.

7. Masalah Pada Kornea


Gangguan pada kornea bisa terjadi seperti timbulnya goresan kecil sampai luka. Kornea juga dapat meradang atau yang disebut dengan keratitis. Gejala yang terjadi bila kornea tergores yaitu mata berair, timbul nyeri, dan sangat sensitif terhadap cahaya. Untuk mengatasinya bisa dengan membilas mata dengan larutan salin steril dan berkedip beberapa kali atau menarik kelopak mata atas ke bawah sebagai langkah untuk menghilangkan partikel atau benda yang menyebabkan masalah. Berkonsultasilah dengan dokter untuk menghindari terjadinya infeksi.

Beberapa penjelasan di atas merupakan penyebab atau alasan kenapa mata sering berair. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment