Monday, April 29, 2019

Enggan Berolahraga dapat Lebih Berbahaya dari pada Merokok

Faniujangherbal.blogspot.com - Merokok merupakan hal buruk untuk kesehatan bagi semua orang. Namun, apakah dengan tidak berolahraga dapat lebih membahayakan diri kita daripada merokok?




Sangat banyak memang bahaya merokok bagi kesehatan seperti yang selama ini diketahui banyak orang. Mulai dari menyebabkan kanker, penuaan dini, serangan jantung, impotensi, beberapa masalah gangguan kehamilan pada wanita hamil, hingga risiko kematian yang tinggi.Namun, tak semua orang tahu bahwa ternyata kurang berolahraga juga menyimpan bahaya untuk kesehatan lebih daripada merokok.

Salah satu penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Network Open menemukan korelasi jelas antara kehidupan lebih sehat dan frekuensi olahraga. Di laporan tersebut, peneliti dari Cleveland Clinic melakukan analisis terhadap 122.007 pasien dari tahun 1991 hingga 2014 yang dilansir dari TIME. Seorang partisipan diminta berolahraga lari treadmill dan diukur angka harapan hidupnya. Dan peneliti menemukan bahwa orang yang rutin berolahraga atau seseorang yang suka olahraga, mereka memiliki angka harapan hidup lebih tinggi atau bisa dibilang lebih panjang umur. Sementara mereka yang kurang olahraga memiliki angka harapan hidup lebih rendah atau pendek.

Setelah mengetahui secara umum bahwa olahraga mampu berpengaruh besar terhadap panjang usia seseorang, akan tetapi yang lebih mengejutkan ialah saat dibandingkan dengan seseorang yang merokok, mau itu perokok aktif ataupun perokok pasif sebaiknya lebih waspada.

"Dalam CNN bahwa tidak olahraga di atas treadmill lebih parah efeknya terhadap kesehatan dibandingkan hipertensi, mengalami diabetes atau bahkan menjadi perokok," kata Dr Wael Jaber seorang penulis penelitian.

Dari penemuan-penemuan tersebut bukan berarti menyatakan bahwa merokok lebih baik daripada tidak olahraga. Melainkan menyatakan bahwa " Mau itu merokok ataupun tidak berolahraga sama buruknya, tetapi dalam taraf yang berbeda". Maka dari itu sebaiknya hindari keduanya ya.

Itulah pembahasan mengenai enggen berolahraga lebih berbahaya dari pada merokok. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment