Wednesday, April 10, 2019

Tips Menjaga Kesehatan Ginjal Dengan Mudah

Tips Sehat Bersama Faniujangherbal.blogspot.com - Bertepatan dengan peringatan hari ginjal sedunia pada 14 maret 2019, kami akan berbagi informasi mengenai tips menjaga kesehatan ginjal dengan langkah yang mudah. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Langkah Menjaga Kesehatan Ginjal




Seperti yang telah kita ketahui, bahwa ginjal mempunyai peranan yang sangat penting dalam tubuh. Sehingga jika sedikit saja terdapat gangguan pada ginjal, maka bisa mempengaruhi sistem kerjanya pada tubuh. Adapun dalam manjaga agar ginjal selalu sehat tentu dapat membuat perbedaan besar bagi tubuh.

Berikut ini merupakan langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, di antaranya:

  • Mengonsumsi Makanan yang Sehat


Kebanyakan kondisi kesehatan ginjal dipengaruhi oleh sejumlah penyakit yang terlebih dahulu timbul seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Karena itu, diperlukan kebiasaan mengonsumsi makanan sehat dengan komposisi gizi seimbang.

  • Olahraga Secara Teratur

Menjaga tubuh untuk tetap bugar dapat menjadi salah satu upaya untuk menjaga kesehatan ginjal. Ini karena bisa membantu menurunkan resiko penyakit ginjal kronis. Bahkan olahraga juga terbuti mampu menjaga kesehatan jantung sehingga bisa menurunkan resiko terjadi peningkatan tekanan darah.

  • Menjaga Kestabilan Kadar Gula Darah

Ada banyak contoh kasusu yang dimana kerusakan ginjal terjadi akibat adanya komplikasi dari diabetes. Dengan begitu, sangat penting bagi penderita untuk melakukan pemeriksaan rutin kadar gula dalam darahnya. 

  • Menjaga Kestabilan Tekanan Darah


Tidak hanya dapat mengakibatkan serangan jantung dan stroke, ternyata tekanan darah tinggi juga dapat kerusakan pada ginjal.

  • Mengurangi Konsumsi Garam


Menjaga konsumsi natrium tidak lebih dari 2300 mg perhari bisa membantu menurunkan resiko terjadinya peningkatan tekanan darah tinggi. Dalam mengurangi asupan garam, Anda bisa memulai membatasi makanan olahan dan siap saji. Memasak dan menyiapkan makanan sendiri dengan bahan-bahan segar dapat mengontrol asupan makanan yang dikonsumsi.

  • Meningkatkan Konsumsi Air Mineral

Berdasarkan penelitian, dengan mengonsumsi banyak cairan dapat membantu ginjal dalam mengeluarkan natrium, urea dan racun dari tubuh sehingga mampu menurunkan resiko terjadinya penyakit ginjal kronis. Cukupi mengkonsumsi air mineral sebanyak 2 liter sehari dapat mengurangi resiko terjadinya penurunan fungsi ginjal.

Itulah informasi mengenai tips menjaga kesehatan ginjal dengan mudah. Semoga apa yang telah kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk kesehatan ginjal Anda.

No comments:

Post a Comment