Wednesday, April 10, 2019

Manfaat Berjalan Kaki

Langkah Sehat Bersama Faniujangherbal.blogsot.com - Berjalan kaki selama beberapa menit setiap harinya dapat terhitung telah melakukan olahraga lho. Selain itu, dengan berjalan kaki kita dapat merasakan banyak manfaatnya seperti dapat meningkatkan kekuatan tulang dan otot hingga bisa membantu menurunkan berat badan.

Inilah Ragam Manfaat Berjalan Kaki




Berjalan kaki merupakan olahraga yang bisa dilakukan setiap hari dan bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seseorang. Bahkan jalan kaki ini diketahui mampu menurunkan resiko mengalami sejumlah penyakit tertentu. Adapun semakin banyak kita berjalan kaki, maka manfaatnya juga akan semakin dapat dirasakan.

Berikut ini beberapa manfaat dari berjalan kaki, di antaranya:

1. Membakar Kalori

Dengan berjalan kaki terbukti dapat membantu membakar kalori dan menjaga berat badan tetap ideal. Pembakaran kalori ini juga bergantung pada faktor kecepatan berjalan, jarak yang ditempuh, dan juga berat badan.

2. Menguatkan Otot Kaki

Berjalan bisa membantu menguatkan otot-otot pada kaki, khususnya apabila berjalan di area berbukit atau tanjakan.

3. Meredakan Nyeri Sendi

Berjalan kaki bisa menjaga kesehatan sendi termasuk pada lutut dan pinggul. Dengan berjalan kaki akan membantu memperkuat dan melumasi otot yang menopang sendi. Bahkan diketahui dengan berjalan kaki sejauh 1,6 km dalam satu minggu bisa mencegah arthritis.

4. Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

Berjalan kaki secara singkat sesudah makan bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Sejumlah penelitian menemukan bahwa dengan berjalan kaki selama 15 menit setiap setelah makan bisa menurunkan kadar gula darah.

5. Meningkatkan Kekuatan Jantung

Melakukan jalan kaki selama 30 menit selama 5 hari berturut-turut bisa menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner hingga 19%.


Cara Berjalan Kaki Dengan Benar


Berjalan dengan posisi yang tidak normal bisa merusak postur tubuh. Berikut ini merupakan posisi normal berjalan agar mempertahankan atau menjaga postur tubuh tetap bagus. Yaitu:

  • Kepala naik dan melihat ke arah depan
  • Leher, bahu, dan punggung dalam kondisi santai, tidak kaku dan tegak
  • Mengayunkan lengan dengan bebas dan sedikit menekuk ssiku
  • Posisi punggung lurus, tidak melengkung kedepan atau ke belakang, serta otot perut sedikit ditahan.

Sekian informasi mengenai manfaat berjalan kaki yang bisa kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dan keluarga.

No comments:

Post a Comment