Monday, April 29, 2019

Perbandingan Gula Putih & Gula Merah untuk Kesehatan


GULA PUTIH ATAU GULA MERAH


Apabila Anda dihadapkan dengan pilihan Kopi atau teh mana yang lebih baik? Atau mana yang lebih baik untuk kesehatan dari gula putih dan gula merah? 

Asupan manis merupakan salah satu konsekensi yang perlu di kurangi untuk menjaga kesehatan. Termasuk pengaruh mana yang lebih baik antara gula putih dan gula merah. Ada sebagian orang yang tampaknya lebih menyukai gula merah karena menganggap lebih baik untuk kesehatan. Saat minum kopi pun, biasanya memilih gula merah dibandingkan gula putih. Namun ternyata menurut para ahli nutrisi keduanya, antara gula putih dan gula merah memiliki nutrisi yang sama.

Menurut pakar diet dan nutrisi dari Brooklyn, Shira Sussi MS, terdapat 2 jenis gula merah; yang berasal dari pabrik atau gula merah alami yang mempertahankan proses penyulingan dari gula putih, yang dikutip dari Reader's Digest.

Antara gula putih dan gula merah, keduanya memiliki persentase fruktosa, glukosa, sukrosa, mineral serta air yang berbeda. Terstur dan rasanya juga sedikit berbeda. Semakin gelap gula maka semakin kuat rasanya. Tapi semuanya sasma saat dihubungkan dengan pengaruhnya terhadap kesehatan.

Alida Iacobellis, dikutip dari Reader's Digest pakar nutrisi menjelaskan bahwa
"Saat datang untuk membandingkan gula putih dan merah, keduanya hampir sama secara nutrisi. Bisa jadi yang membedakannya adalah dari jenis pemrosesan. Tapi akhirnya yang kamu dapatkan ialah rasa dan warna yang lebih manis dengan gula merah".

Sedikit perbandingan antara gula putih dan gula merah. Gula putih merupakan jenis gula yang berasal dari air tebu yang dikristalkan. Sedangkan, gula merah ialah gula yang dibuat dari nira, yaitu cairan yang dikeluarkan dari bunga pohon keluarga palma, seperti kelapa dan aren.
Gula merah memiliki proses penyaringan yang lebih sedikit dari gula putih. Artinya memang gula merah memang mengandung sejumlah mineral seperti kalsium dan kalium sedangkan gula putih adalah sukrosa murni tanpa vitamin atau mineral.

Tetapi informasi ini tidak menjadikan boleh mengasup gula yang berlebihan. Perlu  diingat, batas konsumsi gula harian tidak boleh lebih dari 50 gram perhari.

Itulah pembahasan mengenai perbandingan gula putih atau gula merah untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment