Monday, April 29, 2019

Buah-buahan yang Paling Sehat Bagi Tubuh

Faniujangherbal.blogsot.com - Sudah terbukti bahwa buah-buahan mengandung banyak vitamin serta mineral penting lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Walau semua jenis buah memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, tetapi ada sebagian buah yang memiliki manfaat yang berbeda-beda.



Berikut ini merupakan buah-buahan yang paling sehat bagi tubuh di dunia: 

1. Lemon


Buah ini sudah banyak dikenal manfaatnya untuk kesehatan. salah satunya kandungan vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung karena kemampuannya menurunkan lipid dan tekanan darah. 
Menurut penelitian menunjukkan bahwa kandungan dalam lemon dapat membantu mencegah kenaikan berat badan. Ada juga yang mengungkapkan bahwa asam sitrat dalam jus lemon mampu mengobati batu ginjal.

2. Pisang


Pisang memilki kandungan vitamin, mineral dan kadar potasium tinggi. Satu buah pisang ukuran sedang dapat memenuhi 12% asupan hariannya yang direkomendasikan.  
Superfood sebutan lain buah pisang karena mampu memberikan asupan karbohidrat sehat, membantu mengontrol gula darah dan bisa merasa lebih kenyang. Manfaat dari pisang lainnya yang mengandung pektin dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Banyak studi juga yang menyatakan bahwa kandungan karbohidrat dan mineral yang tinggi menjadikan pisang sebagai sumber energi terbaik sebelum berolahraga. 

3. Stroberi


Merah warna buah ini saat matang memang sangat cantik, buah Stroberi yang kaya akan nutrisi vitamin C, asam folat, mangan serta potasium. Mempunyai indeks glikemik cukup rendah sehingga tidak akan menyebabkan melonjaknya kadar gula darah, yang dapat dibandingkan dengan buah-bauh lainnya. Buah keluarga beri ini juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang mampu menurunkan risiko penyakit kronis. Banyak mengonsumsi buah stoberi ini dapat mencegah kanker dan pembentukan tumor menurut salah satu studi yang dilakukan pada hewan dan tabung tes. 

4. Mangga


Kandungan serat mudah larutnya mampu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Juga kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang kuat dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit. Sebuah studi pada hewan, kandungan nutrisi dalam buah mangga terbukti dapat mencegah penyakit diabetes.

5. Anggur merah dan ungu


Ukurannya kecil mungil, namun buah anggur ini termasuk jajaran buah paling sehat di dunia. Sebab kandungan antioksidannya yang sangat tinggi seperti antosianan dan resveratrol dalam buah anggur telah dibuktikan bisa mengurangi inflamasi. Pada studi pada hewan menyatakan senyawa tanaman dalam anggur mampu membantu melindungi jantung, mata, sendi dan otak. 

6. Semangka


Asupan likopen dikaitkan dengan penurunan risiko kanker sistem pencernaan, memperbaiki kesehatan jantung karena dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Selain itu, cucurbitacin E dapat memperlambat pertumbuhan tumor. Buah penyegar dan pencuci mulut ini sangat kaya akan vitamin A dan C, serta beberapa antioksidan penting seperti likopen, karotenoid dan cucurbitacin E. Sebagian diantaranya telah dibuktikan dalam studi mampu memberikan efek antikanker.

7. Jambu Merah


Buah primadona (buah jambu merah) saat musim hujan karena disinyalir dapat membantu mereka yang mengidap penyakit demam berdarah dengue (DBD). Sementara memakan sekitar 28 gram buah ini dapat memberi kita 107 % dari asupan vitamin C harian yang disarankan. Kandungan serat, folat, vitamin A, potasium, tembaga dan mangan mendominasi dalam buah ini. Antioksidan dalam jambu merah terbukti dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang berarti dapat mengurangi risiko penyakit kronis. 

Demikianlah informasi mengenai 7 buah yang paling sehat bagi tubuh. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat.

No comments:

Post a Comment