Tuesday, April 2, 2019

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak

Selamat bergabung kembali bersama faniujangherbal.blogspot.com situs resmi penyedia informasi kesehatan yang menarik untuk disimak. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan informasi mengenai sejumlah tips yang bisa Anda lakukan dalam menjaga kesehatan pencernaan Anak.

Inilah 4 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak



Kesehatan pencernaan anak adalah hal yang perlu diperhatikan. Umumnya senang bila anak banyak makan / suka makan, namun tidak memberikan makanan dengan komposisi gizi yang seimbang untuk anak akan berdampak kurang baik bagi pencernaan.

Dalam menjaga kesehatan pecernaan anak, terdapat 3 kunci penting, yaitu serat, cairan, dan olahraga. Berikut ini merupakan 4 tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan anak Anda ialah sebagai berikut.

1. Makanan Tinggi Serat


Serat dapat bekerja di dalam tubuh untuk melancarkan proses pembuangan kotoran. Adapun kebutuhan serat pada anak-anak berbada dengan orang dewasa, yaitu pada anak usia 1-3 tahun membutuhkan sekitar 19 gram serat per hari dan anak usia 4-8 tahun membugtuhkan asupan serat 25 gram perharinya. Makanan di anggap mengandung tinggi serta apabila mempunyai kandungan 3-5 gram dalam 1 porsi. Dan berikut sejumlah makanana yang mengandung tinggi serat, diantaranya:
  • kacang-kacangan
  • Buah-buahan
  • Sayur-sayuran
  • Roti gandum
  • Sereal tinggi serat
  • Kentang kukus
  • Yogurt

2. Asupan Cairan yang Cukup


Memenuhi kebutuhan cairan adalah faktor lain yang bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan anak. Asupan yang cukup mampu mencegah terjadinya sembelit pada anak. Dengan begitu, mengontrol asupan cairan anak perlu dilakukan untuk memastikan asupan cairan telah sesuai dengan kebutuhan anak, terutama bila mempunyai anak yang aktif bergerak.

3. Mengunyah Makanan dengan Baik


Proses mencerna makanan, tentu saja dimulai saat makanan masuk ke dalam mulut. Gigi akan memecah makanan menjadi potongan kecil agar enzim disaluran pencernaan mampu memecahnya. Dengan mengunyah makanan tidak sampai halus akan menyebabkan penurunan penyerapan nutrisi. Namun saat mengunyah makanan hingga halus maka air liur yang dihasilkan pun akan menjadi banyak sehingga bisa melancarkan proses makanan sampai ke usus. Hal ini bisa mencegah terjadinya gejala gangguan pencernaan pada anak. Sehingga ibu perlu mengajarkan pada anak agar mengunyah makanannya hingga halus.

4. Berolahraga Secara Rutin


Olahraga atau aktivitas fisik yang cukup tidak hanya dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, tapi juga bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan. Hal ini karena pada setiap aktivitas fisik akan merangsang aktivitas disaluran pencernaan dan membantu proses mencerna makanan.

Langkah praktis menjaga kesehatan pencernaan anak klik disini.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai tips menjaga kesehatan pencernaan anak. Semoga bermanfaat untuk kesehatan buah hati Anda.

No comments:

Post a Comment