Monday, April 29, 2019

Mudah Lelah & Tak Semangat Ini Alasannya

Faniujangherbal.blogspot.com - Tak sedikit orang yang sering mengalami kelelahan dan tak bersemangat. Mereka menganggap kelelahan terjadi karena banyaknya aktifitas fisik yang di lakukan siang harinya. Padatnya aktifitas yang dilakukan bukanlah salah satu penyebab kelelahan dan kurang bersemangat lho. Ingin tahu alasan mengapa Anda sering merasa lelah dan  tidak bersemangat? Simak ulasannya berikut ini.

Mudah Lelah & Tak Semangat Ini Alasannya




Seseorang yang kegiatannya hanya menonton tv dan tidur pun selalu mengalami kelelahan fisik ternyata. Sebenarnya apa sih alasan kelelahan fisik dan tak semangatnya yang terjadi terus-menerus pada tubuh kita? 

Berikut beberapa alasan yang menjadi penyebab kita mudah lelah dan kurang bersemangat, yang dikutip dari Time Of India:

1). Kurang tidur


Kekurangan tidur atau sering begadang akan membuat bangun pagi dengan perasaan malas yang akhirnya membuat terasa lelah dan tak bersemangat sepanjang hari. Karena tidur malam yang cukup sangat penting untuk mengistirahatkan tubuh yang lelah setelah beraktivitas seharian.

2). Dehidrasi 


Pentingnya menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air secukupnya. Sebab air ternyata punya efek luar biasa pada tubuh. Bahkan kurangnya asupan air dapat membuat tubuh selalu merasa lelah dan tak bersemangat.

3). Kurangi konsumsi zat besi


Zat besi adalah suatu komponen penting dalam darah yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Oksigen sendiri penting untuk pembakaran dan pembentukan energi. Maka, kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dapat membuat terasa selalu lelah dan kurang bersemangat.

4). Terlalu banyak konsumsi kafein


Mengonsumsi kafein dianggap dapat meningkatkan konsentrasi dan membuat konsumennya tidak mudah mengantuk. Namun, apabila mengonsumsi kafein dalam jumlah berlebihan akan meningkatkan denyut jantung, resiko tekanan darah, serta kesulitan tidur. Bahkan pada sebagian orang konsumsi kafein dapat menyebabkan tubuh mengalami kelelahan fisik.

5). Kurang olahraga 


Seseorang yang jarang berolahraga akan mudah merasa lelah meski kegiatan yang dilakukan hanyalah berbaring dan nonton televisi. Tetapi dengan berolahraga mampu memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Pengaruhnya akan lebih fokus dan berenergi.

6). Olahraga pada malam hari 


Banyaknya aktivitas di siang hari terkadang membuat kita memilih malam hari sebagai waktu untuk berolahraga. Namun, ketika berolahraga aliran darah dan suplai oksigen dalam tubuh akan meningkat yang akhirnya membuat tubuh lebih berenergi dan bersemangat. Hal tersebut justru membuat tubuh kesulitan tidur di malam hari dan akhirnya bangun pagi dengan kondisi lelah dan kurang bersemangat.

7). Depresi


Depresi ialah suatu masalah mental yang sangat serius sehingga bisa berdampak pada aspek lain. Salah satunya perasaan lelah dan tak bersemangat sepanjang hari, karena orang yang mengalami depresi biasanya cenderung memikirkan hal-hal berat secara terus-menerus yang mengakibatkan energi terus terkuras.

Demikianlah informasi mengenai alasan kenapa seseorang mudah leleh dan kurang bersemangat ini. Sebaiknya hindari hal-hal yang dapat membuatmu kelelahan.

No comments:

Post a Comment