Friday, April 5, 2019

Cara Atasi Wajah Berminyak

Faniujangherbal.blogspot.com - Salah satu penyebab jerawat ialah wajah berminyak yang berlebih juga bisa merusak riasan dan membuat kulit menjadi kusam. Kulit wajah berminyak bisa disebabkan oleh produksi sebum atau minyak berlebihan dari kelenjar sebaceous yang letaknya dibawah permukaan kulit. Sebum sendiri adalah zat berminyak yang terbuat dari lemak, yang juga bermanfaat untuk melindungi dan melembabkan kulit serta menjaga rambut tetap sehat dan berkilau.

Tetapi produksi sebum yang terlalu banyak dapat menyebabkan kulit berminyak dan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat. Beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan peningkatan produksi sebum seperti faktor keturunan, perubahan hormon dan stres. Kulit berminyak dan berjerawat sulit untuk ditangani tetapi terapi dirumah dapat mengontrol minyak pada wajah tanpa menggunakan obat.

Inilah Cara Mengatasi Wajah Berminyak


Berikut cara atasi atau mengontrol wajah berminyak:

  • Memilih kosmetik atau perawatan kulit berlabel bebas Minyak dan non- comedogenic.

Dengan kosmetik atau perawatan kulit yang memiliki label bebas minyak dan non-comedogenic tidak akan menyumbat pori-pori atau menyebabkan jerawat.

  • Menggunakan Tabir Surya Secara Rutin.

Tabir surya dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari seperti bintik-bintik penuaan, keriput dan kanker kulit. Agar mencegah munculnya jerawa, gunakan juga tabir surya yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide serta hindari tabir surya yang mengandung parfum atau minyak.

  • Menggunakan pelembab wajah setiap hari.

Pengguanaan pelembab wajah secara rutin hal penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, sekalipun memiliki tipe kulit yang berminyak. Memilih pelembab yang sekaligus mempunyai kandungan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

  • Menggunakan Clay Mask.

Untuk membantu menyerap minyak pada kulit dan mengobati masalah kulit, gunakan produk clay mask secara rutin seminggu sekali.

  • Menggunakan Kertas Penyerap Minyak

Setidaknya dapat mengurangi minyak berlebuh pada wajah sehingga membantu agar kulit tidak mengkilap.

  • Rutin Mencuci Wajah

Cucilah wajah minimal 2 kali sehari namun juga tidak boleh berlebihan, apabila memiliki kulit wajah berminyak. Pakailah sabun yang lembut atau yang khusus untuk wajah.

  • Bersihkan Kosmetik Sebelum Tidur

Bersihkan selalu wajah dari kosmetik sebelum tidur.

  • Hindari Menyentuh Wajah Saat Beraktifitas.

Dengan menghindari menyentuh wajah ketika beraktifitas dapat mencegah kotoran, minyak dan bakteri dari tangan berpindah ke wajah. Cucilah selalu tangan terlebih dahulu saat akan menyentuh wajah seperti ketika membersihkan atau mengoleskan produk perawatan kulit dan kosmetik.

  • Hindari Penggunaan Pembersih Basis Minyak atau Alkohol.

Menggunakan pembersih dengan bahan dasar minyak atau alkohol dapat mengiritasi kulit.

Demikianlah beberapa cara mengatasi wajah yang berminyak, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment