Friday, April 26, 2019

Penyebab Rematik

Selamat datang di faniujangherbal.blogspot.com dimana merupakan situs resmi penyedia berbagai informasi kesehatan yang akan menarik untuk Anda simak. Pada kesempatan ini, kami akan memberikan pembahasan mengenai beberapa penyebab dari rematik.

Apakah Penyebab Rematik?




Rematik (rheumatoid arthritis) adalah gangguan inflamasi kronis yang tidak hanya bisa mempengaruhi sendi. Di sejumlah orang juga bisa merusak berbagai macam organ tubuh seperti mata, paru-paru, kulit, hingga jantung dan pembuluh darah.

Adapun rematik terjadi karena adanya sistem imun tubuh menyerang jaringan tubuhnya sendiri. Rematik bisa mempengaruhi lapisan sendi sehingga bisa menyebabkan pembengkakan dan nyeri yang akan mengakibatkan erosi tulang dan perubahan bentuk sendi. Bahkan rematik yang berat bisa menyebabkan kecacatan fisik.

Tanda dan Gejala Rematik


Sejumlah tanda atau gejala yang mungkin terjadi karena rematik, antara lain:
  • Pada bagian sendi yang meradang mempunyai tanda menjadi lemah, hangat, dan bengkak.
  • Kekakuan sendi umumnya terjadi lebih parah di pagi hari dan setelah melakukan aktifitas.
  • Mudah lelah, demam, dan mengalami penurunan berat badan


Di awal gejala rematik cenderung akan mempengaruhi sendi yang kecil khususnya sendi yang ada pada jari tangan dan kaki. Dengan seiring parahnya penyakit, maka gejala akan menyebar ke pergelangan kaki, siku, pinggul, dan bahu. Dalam kebanyakan kasus gejala yang terjadi pada persendian yang sama di kedua sisi tubuh.

Tidak hanya itu, rematik dapat mempengaruhi sejumlah organ penting lain. Seperti mata, kulit, jantung, paru-paru, kelenjar ludah, jaringan saraf, ginjal, sumsum tulang dan pembuluh darah.

Penyebab Terjadinya Rematik


Rematik bisa terjadi saat sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang synovium (lapisan membran yang mengelilingi sendi). Hal ini akan mengakibatkan peradangan yang akan menjadikan sinovium mengental dan dapat menghancurkan tulang rawan dan tulang dalam sendi. Kemudian, tendon dan ligament yang menopang sendi melemah dan meregang. Secara bertahap sendi juga akan kehilangan bentuk dan kesejajarannya.

Itulah sejumlah informasi mengenai penyebab dari penyakit rematik. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

No comments:

Post a Comment