Monday, April 15, 2019

Kondisi Kesehatan Berdasarkan Warna Kuku Kaki

Kondisi Warna Kuku Kaki - Selamat bergabung kembali bersama faniujangherbal.blogspot.com situs yang menyediakan berbagai informasi kesehatan menarik. Adapun di kesempatan ini kami akan memberikan pembahasan terkait dengan kondisi kesehatan berdasarkan warna kuku kaki. Selengkapnya simak informasi berikut.

Kondisi Kesehatan Berdasarkan Warna Kuku Kaki




Kuku, khususnya kuku kaki adalah sebuah bagian tubuh yang paling sering diabaikan dari segi kebersihan dan kesehatannya. Karena hampir beberapa waktu tersembunyi di dalam sepatu, orang cenderung kurang memperdulikan kondisi kuku dibandingkan dengan kuku tangan. Padahal, sama seperti bagian tubuh lainnya, kuku dapat menjadi tempat berkumpul dan berkembangnya bakteri penyebab penyakit. Maka dari itu, menjaga kebersihan kuku merupakan hal yang wajib.

Waspadai perubahan warna pada kuku. Perubahan bentuk atau warna pada kuku mungkin dapat merupakan tanda dari suatu penyakit. Bisa jadi terdapat masalah kesehatan pada paru-paru, jantung dan hati.

Berikut kondisi kesehatan berdasarkan warna kuku kaki, berupa:

1. Putih


Adanya garis-garis putih (Leukonychia) dapat muncul apabila ada tekanan berulang atau trauma pada kuku misalnya mengunakan sepatu yang berukuran tidak pas atau terlalu sempit. Bintik-bintik putih akan terbentuk apabila cedera cukup parah untuk memecahkan pembukuh darah. Dan apabila hal tersebut terjadi, maka  cobalah mengonsumsi vitamin untuk kuku seperti biotin untuk memperbaiki rambut, kulit serta kuku.

2. Hitam


Warna hitam pada kuku kaki mungkin memiliki banyak penyebabnya seperti kekurangan B12, masalah ginjal atau penyakit hati. Akan tetapi, alasan paling umum untuk perubahan warna ini akibat trauma seperti memar. Jika kuku kaki tidak berwara hitam melainkan memiliki garis hitam vertikal penyebabnya melanoncychia linear (kondisi yang terjadi saat pigmen di kuku yang dikenal sebagai melanosit membuat pigmen berlebih) sehingga menyebabkan dasar kuku menjadi gelap. Kuku kaki yang hitam juga dapat sebagai akibat dari mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat kemoterapi, kanker kulit, atau penyakit imunodefisiensi seperti HIV, lupus atau skleroderma.

3. Ungu


Kuku kaki berwarna ungu disebabkan oleh hematoma subungual (memar di bawah dasar kuku). Pembuluh darah kecil yang berdarah di bawah kuku menodai kuku sehingga tampak lebih gelap. Penyebabnya adalah trauma pada kuku seperti tersandung atau tertimpa sesuatu.

4. Kuning atau Cokelat


Apabila kuku kaki berwarna kuning atau cokelat ini pertanda adanya masalah pada sistem pernapasan atau sistem limfatik. Warna ini juga bisa disebabkan akibat komplikasi diabetes atau karena jamur kuku.

Nah, itulah beberpa informasi mengenai kondisi kesehatan berdasarkan warna kuku kaki. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment