Monday, April 29, 2019

Tips Menjaga Kesehatan Mata



Faniujangherbal.blogspot.com - Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting, berfungsi sebagai indera penglihatan. Dengan mata, kita dapat melihat keindahan dunia ini. Jadi penting sekali untuk tetap menjaga kesehatan mata, agar tetap berfungsi dengan baik dan terhindar dari berbagai penyakit mata.

Terdapat banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata serta mencegah mata kita agar terhindar dari berbagai penyakit ataupun masalah gangguan pada mata.

Beberapa hal dibawah ini adalah tips atau cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata:

1. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A


Mengonsumsi makanan berupa wortel, telur, pepaya, tomat dan lainnya yang mengandung sarat akan beta karoten dan vitamin A  yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata.

2. Periksa mata


Memeeriksakan mata secara rutin agar tetap berfungsi baik dan dapat mendeteksi penyakit atau kelainan mata sedini mungkin.

3. Perhatikan riwayat kesehatan mata keluarga


Riwayat kesehatan mata keluarga juga dapat membantu menentukan, akankah termasuk beresiko terkena penyakit atau kelainan mata yang sifatnya turunan atau tidak.

4. Memakai pelindung mata


Gunakan pelindung mata dalam berbagai kegiatan seperti ketika berkendara, olahraga, ataupun saat bekerja di sekitar bahan kimia atau partikel zat yang berbahaya. Sekarang ini ada kacamata yang dirancang khusus untuk menghindari terjadinya cedera mata atau debu dan paparan sinar matahari. Agar melindungi dari sinar matahari, gunakan kacamata pelindung UV yang terpolarisasi dan bukan hanya sekadar lensa yang gelap.

5. Hindari membaca dalam cahaya redup


Agar terhindar dari masalah gangguan atau penyakit mata, hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup/gelap yang dapat menyebabkan ketegangan mata. Apabila mata terasa lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

6. Jangan kebiasaan mengucek mata


Hindari mengucek mata saat mata terasa gatal. Ketika tangan kotor sehabis memegang suatu benda bisa menginfeksi organ mata yang dapat berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata.

7. Menghindar jika melihat cahaya yang terlalu terang


tidak boleh langsung melihat ke arah sumber cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata pada sinar matahari atau lampu senter LED, karena dapat merusak mata.

8. Jaga jarak pandang


Sekitar 30 cm jarak pandang yang ideal saat membaca buku. Posisi tubuh ketika membaca juga harus diperhatikan yaitu duduk tegak, hindari membaca dengan posisi tiduran. Jaga jarak pandang saat sedang berada di depan layar komputer maupun saat melihat TV. Jarak pandang yang ideal yaitu sekitar 50 – 150 cm tergantung besar layar TV atau monitor komputer.

9. Istirahatkan mata


Istirahatkan dahulu mata untuk beberapa saat. Jangan paksakan mata untuk berlama-lama membaca buku, bermain game, atau berada di depan layar komputer. Apabila terlalu lama, mata akan lelah. Salah satu metode yang dapat dipakai adalah  Pola 20 20 20.

Pola 20 20 20 merupakan pola yang diperkenalkan oleh Mark Rosenfield, PhD, seorang Professor dari Amerika. Pengertian dari pola ini adalah bahwa :
  • Setiap 20 menit mata harus diistirahatkan selama 20 detik  dengan  melihat atau mengamati objek lain dalam jangkauan sejauh 20 meter.
  • Kedipkan mata  20 x berturut-turut untuk melembabkan mata.
  • Berjalan 20 langkah setelah setiap 20 menit duduk, berjalan akan membantu sirkulasi darah lebih lancar ke seluruh tubuh.


Itu dia beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga mata agar selalu sehat. So, jagalah mata kalian guys.

No comments:

Post a Comment