Monday, April 29, 2019

Obat Faringitis Alami

Faniujangherbal.blogspot.com - Tahukah anda penyakit yang sering kali kita dengar seperti faringitis atau yang biasa disebut radang tenggorokan merupakan efek dari penyakit lainnya seperti flu dan demam.Penyakit tersebut menyebabkan adanya pembengkakan di bagian belakang tenggorokan dan disebut sebagai faring.

Karna termasuk penyakit yang sangat umum radang tenggorokan biasanya dialami oleh berbagai kalangan,dari anak-anak sampai orang dewasa.namun ana diusia 5-15 tahun yang paling sering mengalami radang tenggorokan.

Obat Faringitis (Radang Tenggorokan) Alami





Faringitis terjadi disebabkan oleh infeksi bakteri yang disebut dengan nama streptococcus. Gejala dari radang tenggorokan biasanya sangat mudah dikenali, misalnya saja adanya rasa mengganjal pada tenggorokan dan susah untuk menelan makanan.Radang tenggorokan biasanya disertai dengan demam ringan dan sakit kepala.Ketika radang tenggorokan semakin parah,penderita akan mengalami nyeri sendi dan merasa meriang.Dan apabila radang tenggorokan bersamaan dengan flu,penderita biasanya mengalami bersin, batuk, sakit kepala ringan dan juga akan mengalami nafsu makan yang menurun dan terjadi pembengkakan amandel.

Biasanya,radang tenggorokan akan sembuh dengan sendirinya saat peradangan mengempes.Namun jika satu minggu kondisi peradangan tidak membaik segeralah pergi ke dokter.Beberapa tanda lain dari radang tenggorokan yang cukup parah adalah adanya kesulitan bernapas dan terdapat darah di dalam air liur. Kemudian pada kondisi yang sangat parah, demam akan mencapai 39 derajat celcius dengan munculnya benjolan di daerah leher.

Radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh alergi terhadap bulu hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, alergi jamur, atau juga alergi debu. Kemudian kondisi udara yang terlalu pengap dan penuh polusi juga bisa memicu timbulnya radang tenggorokan. Berbicara terlalu keras atau berteriak terlalu sering juga bisa menimbulkan ketegangan otot pada tenggorokan sehingga terjadi peradangan.Selain itu, adanya penyakit GERD atau peningkatan asam lambung juga bisa menyebabkan radang tenggorokan yang mengganggu.

Sebelum berkunjung ke dokter cobalah 10 obat radang tenggorokan yang bisa anda coba lakukan.

1) Air Putih


Penting sekali mengonsumsi air putih selama tenggorokan mengalami peradangan. Air putih ini berfungsi untuk membersihkan lendir,meredakan rasa nyeri,dan menjaga kelembapan di dalam tenggorokan sehingga Anda akan lebih cepat sembuh. Anda juga bisa mengonsumsi air putih hangat untuk membantu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

2) Air Garam


Anda tinggal melarutkan garam dalam segelas air kemudian menggunakannya untuk berkumur,tapi tidak untuk di telan air garamnya.Air garam ini berfungsi untuk membunuh bakteri yang menyebabkan peradangan terjadi.

3) Bawang Putih Mentah


Bawang putih biasanya ampuh mengatasi radang tenggorokan.Anda bisa mengunyah sebutir bawang putih beberapa kali dalam sehari.Bawang putih ini memiliki kandungan antibiotik yang bisa membantu menyembuhkan radang tenggorokan.

4) Susu Kunyit


Anda tinggal menyeduh segelas susu hangat yang dicampur dengan sejumput kunyit bubuk sangat berkhasiat untuk mengobati radang tenggorokan.Di dalam kunyit terkandung zat yang bisa mengurangi peradangan pada tenggorokan sehingga bisa menghilangkan rasa sakit dan nyeri.

5) Teh Lemon Madu


Anda tinggal menyeduh lemon tea dengan madu yang bisa membantu menghilangkan lendir di dalam tenggorokan.Sedangkan kandungan vitamin C di dalam lemon bermanfaat untuk memaksimalkan imunitas tubuh sehingga bisa melawan virus penyebab radang tenggorokan.

6) Buah Pisang


Pisang adalah pilihan terbaik.Sebab di dalam pisang terkandung kalium dan potasium yang baik untuk kesehatan.Pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga terasa mudah ditelan pada tenggorokan yang sedang mengalami peradangan.Pisang juga bisa diolah dengan dikukus atau dipanggang,namun jangan digoreng karena minyaknya akan memperparah radang tenggorokan.

7) Olahan Telur


Telur yang lembut ini akan mudah disantap dan tidak terasa mengganjal pada tenggorokan.Telur juga kaya akan protein yang baik untuk kesehatan dan bisa membantu mempercepat penyembuhan akibat radang tenggorokan.

8) Sup Ayam 


Kaldu ayam dalam sup kaya akan vitamin dan mineral yang bisa memperbaiki kondisi tubuh dan tenggorokan.Di dalam sup ayam juga ada campuran bawang putih yang kaya akan antibiotik untuk menghilangkan bakteri dan virus di dalam tenggorokan.

9) Corn Soup


Asupan karbohidrat bisa diganti dengan yang lainnya seperti jagung.Haluskan jagung dan campurkan dengan susu cair serta mentega.Berikan bumbu bawang putih, garam,danmerica.Lalu didihkan hingga matang.Corn soup ini menjadi hidangan terbaik untuk disantap saat radang tenggorokan karena bisa mengenyangkan sekaligus memberikan energi besar untuk tubuh.

10) Peppermint Tea


Rasa teh yang khas dipadu dengan sensasi dingin dan minty dari peppermint bisa membantu melegakan tenggorokan.Minuman ini boleh dikonsumsi dalam kondisi dingin ataupun panas.


Selain mengonsumsi obat radang tenggorokan,Anda juga perlu sekali memperhatikan makanan dan minuman apa saja yang dikonsumsi.Sebab makanan dan minuman ini berperan penting untuk membantu menyembuhkan peradangan.

Jadi,cobalah menjaga kesehatan dengan memperhatikan gaya hidup dan asupan pola makan sehat.Segera kunjungi dokter dengan periksakan diri dan konsumsi obat secara teratur. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment