Thursday, April 25, 2019

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan

Faniujangherbal.blogspot.com - Pisang termasuk sumber serat yang baik sebab pada ukuran sedang pisang dapat mengandung serat hingga 3 gram. Oleh karena itu, buah pisang ini mampu membantu mencegah terjadinya kanker usus dan juga mencegah terjadinya konstipasi atau sembelit. Masih banyak manfaat yang ada pada buah pisang ini. Igin tahu informasi lengkapnya? Simak ulasan berikut.

Inilah Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh




Pisang adalah buah paling populer yang sangat terjangkau dalam segi harga dan mudah di dapatkan. Buah ini memiliki rasa yang enak dan khas. Pada umumnya pisang dikonsumsi sebagai makanan penutup, makanan ringan di sela jam makan besar, atau sering juga digunakan sebagai campuran dalam beberapa makanan.

Kandungan Nutrisi Pada Pisang


Dipasaran ada banyak jenis pisang dengan  memiliki perbedaan warna, ukuran, dan bentuk. Tetapi, umumnya pisang mengandung banyak serat dan sejumlah senyawa antioksidan. Diketahui bahwa Satu pisang berukuran sedang atau medium (118 gram) mempunyai kandungan kalium, vitamin B6, tembaga, magnesium, karbohidrat, serat, mangan, vitamin C, protein dan lemak.

Adapun setiap pisang didalamnya terkandung 105 kalori dan kandungan terbanyak adalah air dan karbohidrat. Pisang mengandung sedikit protein dan hampir tidak memiliki kandungan lemak. Sementara karbohidrat pada pisang mentah sebagian terdiri dari pati, namun ketika pisang matang maka pati akan berubah menjadi gula ( fruktosa, sukrosa, glukosa).

Manfaat Pisang Bagi Kesehatan Tubuh

  • Memperbaiki kesehatan pencernaan

Pisang berukuran sedang bisa mengandung serat hingga 3 gram sehingga menjadikan pisang sebagai salah satu sumber serat yang cukup baik. Kandungan serat ini bisa memudahkan kotoran untuk keluar dan membantu menstimulasi gerak peristaltic sehingga dapat menggerakkan usus. Dengan begitu, pisang akan mampu mencegah terjadinya kanker usus dan mencegah terjadinya konstipasi/sembelit.

  • Membantu menurunkan berat badan

Kandungan kalori pada pisang relatif kecil yaitu sekitar 100 kalori. SElain itu, kandungan serat yang tinggi juga dapat membantu menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian, kandungan pektin dan serat yang ada pada buah pisang bisa memberikan efek mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang setelah makan.

  • Menjaga kesehatan jantung

Kalium merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan jantung terutama untuk kestabilan tekanan darah. Dan diketahui bahwa pisang adalah sumber makanan yang mengandung tinggi kalium sehingga dapat membantu menurunkan dan menjaga kestabilan tekanan darah dan menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung. Tidak hanya itu, kandungan magnesium dalam buah pisang mempunyai fungsi penting untuk menjaga kesehatan jantung.

  • Sebagai sumber antioksidan

Buah dan sayuran merupakan sumber antioksidan yang baik termasuk pisang. Antioksidan kuat yang terkandung dalam pisang adalah dopamine dan katekin.

  • Menjaga kesehatan ginjal

Kandungan kalium sangat penting untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan kesehatan fungsi ginjal. Menurut penelitian, diketahui bahwa dengan mengonsumsi pisang 4-6 kali dalam seminggu mampu menurunkan resiko penyakit ginjal dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi pisang.

  • Mencegah dan mengatasi anemia

Seperti yang telah kita ketahui, zat besi merupakan bagian penting dalampembentukan sel darah merah. Dan pada pisang mengandung zat besi yang cukup tinggi sehingga mampu membantu mengobati anemia.

Sekian pembahasan mengenai manfaat pisang bagi kesehatan tubuh, semoga apa yang telah kami sampaikan ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment