Tuesday, April 30, 2019

Sarapan Sehat Untuk Anak



Faniujangherbal.blogspot.com - Sarapan merupakan asupan yang penting untuk memulai metabolisme tubuh dan membantu untuk membakar kalori. Sarapan bisa memberikan energi yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas di sekolah.

Bahkan terdapat penelitian yang menyatakan bahwa seorang anak yang mendapatkan sarapan mempunyai nilai ujian yang tinggi dari pada yang tidak mendapatkan sarapan.

Manfaat Sarapan Sehat Bagi Anak

  • Dapat membantu meningkatkan asupan vitamin, mineral dan nutrisi pada anak
  • Meningkatkan konsentrasi dan kemampuan anak ketika sedang belajar disekolah
  • Mampu meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh saat melakukan aktifitas fisik
  • Mengontrol berat badan


Sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar sarapan anak mempunyai banyak nutrisi, di antaranya:
  • Sarapan bisa dicampur dari sejumlah makanan seperti buah-buahan, sayuran, susu rendah lemak, biji-bijian, susu rendah lemak, dan protein yang sehat.
  • Hindari mengemas makanan dengan menggunakan plastik, namun masukkan dalam kotak makan.
  • Berikan anak-anak roti bakar dengan selai agar mereka lebih senang dengan sarapannya.
  • Tawarkan pada anak untuk pilihan jenis sarapan yang diinginkan.


Jenis Makanan Untuk Meningkatkan Fungsi Otak


1. Telur


Protein dan nutrisi yang terdapat pada telur mampu membantu lebih mudah berkonsentrasi.

2. Yogurt


Lemak sehat yang terkandung pada yogurt sangat penting untuk otak. Kandungan ini dapat membantu mengirimkan dan menerima informasi.

3. Sayuran Hijau


Sayuran hijau mempunyai kandungan folat dan vitamin. Seperti pada bayam yang bisa membantu menurunkan resiko terjadinya pikun. Tidak hanya itu, sayuran hijau juga mengandung antioksidan dan sejumlah nutrisi lain yang membantu pertumbuhan sel pada otak.

4. Ikan Laut


Ikan laut merupakan sumber vitamin D dan omega-3 yang melindungi otak dari penurunan daya tangkap dan daya ingat. Semakin banyak asupan omega-3 yang diberikan, maka akan semakin baik fungsi otak. Contoh ikan laut yang memiliki kandugan omega-3 tinggi ialah salmon, tuna dan sarden.

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian


Jenis makanan ini mempunyai kandungan protein, asam lemak esensial, vitamin dan mineral yang bisa menjaga sistem saraf dan mood.

6. Oatmeal atau sereal gandum


Memberikan oatmeal untuk pilihan sarapan merupakan pilihan yang tepat. Oatmeal ini mengandung protein dan banyak serat yang bisa membantu menjaga kesehatan jantung serta otak. 

7. Apel dan plum


Dengan memberikan camilan yang mengandung antioksidan akan membantu meningkatkan daya tangkap anak. Seperti buah apel dan plum.

8. Kafein


Kandungan kafein bisa meningkatkan energy dan membantu meningkatkan konsentrasi. Kafein ni dapat ditemukan dalam coklat.

9. Makanan manis


Gula bisa memberikan asupan pada otak. Adapun gula bisa ditemukan dalam makanan manis atau karbohidrat yang dikonsumsi. Seperti jus atau nasi.

Itulah pembahasan mengenai sarapan sehat untuk anak. Semoga apa yang telah kami sampaikan ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment