Monday, April 29, 2019

Kompres Es Bisa Redakan Memar, Benarkah?

Selamat datang di situs faniujangherbal.blogspot.com penyedia berbagai informasi kesehatan yang tentunya akan menarik untuk Anda simak. Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi mengenai penjelasan benarkah dengan kompres es dapat meredakan memar? Simak informasinya sebagai berikut.

Kompres Es Bisa Redakan Memar, Benarkah?




Pasti Anda pernah melihat kulit yang berubah menjadi warna biru, hijau, atau keunguan yang biasa dikenal dengan memar. Dalam kondisi tertentu memar tidak mempunyai penyebab yang jelas.

Memar ini akan terbentuk saat pembuluh darah yang terletak di dekat permukaan kulit pecah sehingga sejumlah darah bocor ke jaringan di bawah kulit. Darah ini yang bisa menyebabkan tanda hitam dan biru yang akan memudar seiring dengan penyembuhan.

Selain itu,memar juga sering disertai dengan nyeri dan bengkak. Adapun memar bisa di sebabkan karena keseleo, cedera, dan juga luka. Memar bisa memudar dalam waktu sekitar 2 minggu bahkan hingga berbulan-bulan.

Langkah Menghilangkan Memar


Memar bisa sembuh dengan sendirinya tanpa dilakukan pengobatan, Akan tetapi Anda bisa mempercepat penyembuhan dengan cara berikut ini.
  • Kompres memar dengan menggunakan es yang dibungkus dengan handuk selama 10-20 menit. Ulangi beberapa kali sesuai dengan kebutuhan.
  • Apabila memar berada pada lengan dan kaki, saat tidur posisikanlah untuk berada lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi aliran darah ke daerah yang terluka.


Tidak terdapat obat yang bisa dikonsumsi untuk mencegah terjadinya memar. Umumnya dokter hanya menyarankan untuk menghindari obat yang mengandung aspirin. Sebab konsumsi aspirin bisa memperparah keadaan memar yang terjadi.

Kapan harus berkonsultasi dengan dokter?

  • Ketika adanya rasa nyeri selama 3 hari setelah mengalami luka ringan pada pembengkakan yang terjadi.
  • Sering mengalami memar dengan ukuran yang lebih besar dan menimbulkan rasa nyeri, khususnya apabila muncul di bagian punggung atau wajah atau juga tapa penyebab yang jelas.
  • Terdapat benjolan pada memar.
  • Mempunyai riwayat mudah mengalami pendarahan atau memar.
  • Memiliki riwayat keluarga mudah mengalami perdarahan atau memar.
  • Mengalami perdarahan yang abnormal

Mitos dan fakta mengenai memar


Menggosok memar dengan menggunakan telur rebus untuk melancarkan sirkulasi darah

Fakta: Dengan menggosok memar menggunakan telur bisa menyebabkan pendarahan internal menjadi lebih parah. Terapi untuk memar yang terbaik ialah dengan mengompres menggunakan es untuk mengurangi pendarahan internal. Akan tetapi. es tidak boleh langsung menyentuh kulit. Bungkus es ini dengan menggunakan handuk untuk mengompres memar.

Mengompres panas pada bagian tubuh yang memar atau cedera

Fakta : Kompres dingin adalah cara terbaik untuk mengatasi pembengkakan. Sementara suhu panas bisa memperburuk terjadinya radang pada luka.

Sekian pembahasan mengenai kebenaran kompres es dapat meredakan memar. Semoga apa yang telah kami sampaikan ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment