Monday, April 15, 2019

Asupan Khusus Garam Bagi Penderita Hipertensi

Asupan Garam yang Baik Bagi Penderita Hipertensi - faniujangherbal.blogspot.com - Hipertensi merupakan kondisi yang ditakutkan karena dapat menimbulkan banyak gangguan kesehatan dalam jangka panjang mulai dari penyakit jantung koroner, stroke, sampai penyakit ginjal. Asupan garam identik dengan risiko tekanan darah tinggi ini. Sebuah cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah ialah dengan mengurangi takaran garam yang dikonsumsi.

Asupan Khusus Garam Bagi Penderita Hipertensi



Apabila seseorang penderita hipertensi yang susah makan jika tidak menggunakan garam, mungkin ada baiknya menggunakan garam kalium yang rendah natrium sebagai alternatif. Garam rendah natrium ini rasanya sama saja dengan garam pada umumnya, namun menggunakan kalium bukan natrium sebagai bahan utamanya. Natrium inilah yang berkaitan dengan kejadian tekanan darah tinggi. Saat kandungan natrium diganti dengan kalium, maka efek negatif natrium berupa peningkatan tekanan darah tidak terjadi.

Meskipun kandungan natrium pada garam kalium ini lebih rendah, tetapi tidak semua orang bisa mengonsumsi garam jenis ini. Bila seseorang memiliki penyakit ginjal atau sedang minum obat tekanan darah tertentu, peningkatan kalium dapat menjadi suatu hal yang dapat membahayakan.
Produk-produk ini biasanya mengandung campuran natrium klorida dan kalium klorida. Bila suatu produk dengan labal "bebas natrium", maka bahan utamanya ialah kalium klorida tanpa natrium.

Cara terbaikuntuk menjaga tekanan darah ialah sepenuhnya mengurangi asupan garam, tanpa menggantinya dengan bumbu masak lain.

Berikut tips hidup sehat untuk penderita Hipertensi:


  • Diet rendah garam

Langkah pertama untuk penderita hipertnsi mengupayakan kesehatan dengan diet rendah garam. Walau garam diperlukan oleh tubuh, tetapi mengonsumsinya juga tidak boleh dalam jumlah yang berlebihan.


  • Batasi asupan garam

Asupan garam harian tidak lebih dari 1.500 mg. Kurangi juga asupan lemak jenuh dan perbanyak menu buah juga sayur.


  • Berolahraga

Selain menjaga pola makan yang baik, berolahraga secara teratur juga diperlukan agar penderita tekanan darah tinggi senantiasa sehat. Biasakan berolahraga sebanyak 3 kali seminggu selama 30 menit. Dapat diawali dengan olahraga sederhana seperti joging, berenang atau melakukan senam secara rutin.

Sekian informasi mengenai asupan garam khusus untuk penderita hipertensi ini, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment