Friday, April 26, 2019

Cara Meningkatkan Kesuburan

Faniujangherbal.blogspot.com - Tahukah Anda, bahwa kelebihan berat badan merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi produksi hormon dan dapat menghambat proses ovulasi. Adapun di kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai cara meningkatkan kesuburan. Silahkan simak selengkapnya sebagai berikut.

Cara Meningkatkan Kesuburan




Ada beberapa pasangan yang merasa tidak percaya diri mempunyai kondisi kesuburan yang bagus karena tidak segera mendapatkan kehamilan. Melakukan hubungan seksual pada masa ovulasi merupakan cara yang pasti membantu. Akan tetapi sejumlah langkah sederhana yang bisa dijalankan untuk dapat membantu meningkatkan kesuburan. Di antaranya;

  • Mengontrol Berat Badan

Berat badan menjadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kesuburan seseorang. Dengan begitu, mengontrol berat badan agar tetap dalam rentang normal bisa membantu meningkatkan frekuensi ovulasi dan kemungkinan kehamilan. Kelebihan berat badan bisa mempengaruhi produksi hormon dan menghambat ovulasi normal.

  • Mengkonsumsi makanan sehat

Meski tidak terdapat penelitian yang menghubungkan makanan sehat dengan meningkatkan kesuburan, akan tetapi tidak ada salahnya dengan mencoba mengonsumsi lebih banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, protein, dan lemak yang sehat. Adapun mengonsumsi makanan seimbang akan memberikan nutrisi yang diperlukan untuk mengoptimalkan fungsi sperma.

  • Mencegah Penyakit Infeksi Menular Seksual

Penyakit IMS seperti kalamidia dan gonore merupakan penyebab utama ketidaksuburan bagi wanita. Dalam melindungi diri dari IMS disarankan untuk melakukan hubungan seksual yang aman seperti menggunakan kondom saat berhubungan seksual atau tetap dalam hubungan monogami pasangan yang tidak terinfeksi.

  • Melakukan Pemeriksaan Rutin

Dengan melakukan kunjungan rutin ke penyedia layanan kesehatan bisa mendeteksi dan mengobati kondisi kesehatan yang dapat mengancam kesuburan.

  • Menghindari kerja pada malam hari

Bekerja di malam hari bisa meningkatkan resiko terganggunya kesuburan. Tidak mempunyai tidur pada malam hari mempengaruhi produksi hormon. Apabila harus bekerja pada malam hari hendaknya bisa cukup tidur ketika bekerja.

  • Berhenti mengonsumsi alkohol dan narkoba
Alkohol dan narkoba memang tidak baik untuk kesehatan, termasuk dapat menghambat proses kesuburan.


  • Berhenti merokok.


Merokok bisa mempengaruhi kesuburan pria karena bisa mengurangi produksi sperma dan merusak DNA. Merokok juga bisa mempengaruhi rahim dan dapat meningkatkan resiko terjadinya keguguran.


  • Membatasi penggunaan obat-obatan yang bisa mempengaruhhi kesuburan.


penggunaan sejumlah obat yang diresepkan dokter / di beli bebas  bisa mempengaruhi keseburan. Untuk itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terkait obat-obatan yang diminum secara teratur.


  • Melakukan olahraga secara teratur


Berolahraga dapat membantu mempertahankan berat badan sehat. Obesitas berhubungan dengan kadar testosteron yang merupakan hormon untuk pembentukan sperma.


  • Membatasi minuman yang mengandung caffein menjadi hanya satu cangkir sehari.

  • Menghindari untuk melakukan hubungan seksual terlalu sering.



Hal ini akan berdampak pada penurunan kualitas pada sperma.

  • Menghindari paparan pestisida dapat membahayakan kesuburan  pria dan wanita. 


Sejumlah paparan seperti pelarut atau racun yang digunakan pada usaha percetakan dan dry cleaning dapat mempengaruhi kesuburan wanita.

Itulah pembasan informasi mengenai cara meningkatkan kesuburan. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment