Thursday, April 4, 2019

Penyebab Sakit Kepala

Faniujangherbal.blogspot.com - Sakit kepala dapat dialami oleh siapapun dan dimanapun termasuk usia berapa pun itu. Penyebab sakit kepala umumnya bukan merupakan penyakit serius, tetapi pada sebagian kasus dapat disebabkan oleh kondisi darurat. Bisa karena menatap layar laptop terlalu lama, telat makan atau faktor hormon juga berpengaruh terhadap penyebab sakit kepala.

Kenali Penyebab Dari Sakit Kepala


Biasanya sakit kepala dapat disebabkan oleh aktivitas yang sedang dilakukan atau keadaan yang dialami ketika itu. Dibawah ini merupakan beberapa pemicu timbulnya Sakit kepala:

1. Kurang tidur dan Postur tubuh


Sakit kepala yang dialami pada saat pagi hari kemungkinan disebabkan oleh kurangnya waktu tidur atau tidur yang kurang berkualitas.

Postur tubuh yang buruk ketika duduk atau tidur juga dapat menyebabkan tegang pada punggung bagian atas, leher dan bahu sehingga memicu terjadinya sakit kepala.

2. Telat Makan dan Dehidrasi


Telat makan akan menyebabkan asupan nutrisi untuk otak tidak berjalan dengan baik sehingga dapat menyebabkan sakit kepala. Kekurangan cairan dalam tubuh juga dapat memicu terjadinya sakit kepala. Gejala lain apabila terjadi dehidrasi yang menyertai adalah berkeringat, mual dan terasa sangat haus.

3. Sinar dari layar


Berhadapan dengan layar televisi, computer, laptop maupun HP dalam waktu yang lama dapat membuat mata menjadi tegang dan menyebabkan sakit kepala. Hal ini dapat dikurangi dengan memejamkan mata atau mengalihkan pandangan dari layar selama beberapa menit.

4. Pengaruh Hormon dan kurangnya berolahraga


Penurunan kadar estrogen dapat mengubah pelepasan senyawa kimia otak yang memicu sakit kepala. Kurangnya berolahraga juga pemicu datangya sakit kepala. Berlari atau naik sepeda dapat melepaskan hormon penghilang rasa sakit yang disebut endrofin.

5. Stres dan Berisik atau suara nyaring


Stress membut otot-otot pada tubuh menegang dan meningkatkan kadar zat kimia pada otak yang memicu sakit kepala. Sakit kepala terasa seperti menegang sering terjadi pada orang mengalami stres. Suara yang berkepanjangan dapat memicu migrain dan sakit kepala lainnya. Suara berisik atau bising juga menyebabkan sakit kepala.

6. Sakit Kepala Primer


Penyebab sakit kepala primer ini oleh gangguan pada saraf, pembuluh darah atau senyawa kimia yang memicu sinyal rasa sakit diotak. Sakit kepala primer tersebut tidak berhubungan dengan penyakit lain. Berikut beberapa jenis sakit kepala primer:
  1. Migrain, dirasakan sebagai nyeri kepala yang hanya di satu sisi yang terkadang sisertai mual dan muntah. Yang lebih tinggi berisiko mengalami migrain ini ialah perempuan dibandingkan laki-laki.
  2. Tegang pada kepala, dapat terjadi hanya sesekali dalam seminngu, tetapi juga bisa dalam waktu yang lama dan sering. Kondisi ini paling rentan terjadi atau dialami.
  3. Sakit kepala dengan pola. Biasanya terjadi pada satu sisi kepala yang disekitar mata dan bisa menjalar ka bagian leher dan bahu. Sakit kepala ini dapat bertahan selama seharian atau bahkan lebih.

7. Sakit kepala Sekunder


Sakit kepala ini terjadi karena kondisi kesehatan tertentu, cedera atau efek samping terapi pengobatan. Berikut beberapa kondisi yang menjadi penyebab sakit kepala sekunder ini :
  • Tekanan darah tinggi.
  • Infeksi pada otak seperti meningitis atau sinusitis.
  • Pendarahan atau pembengkakan pada pembuluh darah di otak.
  • Peningkatan cairan pada otak (hidrosefalus)
  • Tumor otak.

Itulah beberapa penyebab dari sakit kepala yang perlu dikenali atau diketahui. Berkonsultasikan dengan dokter apabila pengguanan obat sakit kepala tidak dapat mengatasi dan timbul gejala lain yang menyertai sakit kepala. Sekian.

No comments:

Post a Comment