Thursday, April 18, 2019

Manfaat Vitamin A untuk Tubuh

faniujangherbal.blogspot.com - Asam retinoik (Retinol) atau sering disebut dengan Vitamin A ini adalah nutrisi yang penting untuk  menjaga kesehatan mata. Manfaat lainnya dari Vitamin A ialah untuk organ penglihatan, pertumbuhan tubuh, pembelahan sel, kesehatan sistem reproduksi dan menunjang sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Vitamin A Untuk Tubuh



Berdasarkan dari asalnya, vitamin A dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:
  1. Beta karoten merupakan vitamin A yang berasal dari tumbuhan.
  2. Retinoid merupakan vitamin A yang berasal dari produk hewani.


Memiliki sifat antioksidan pada Vtamin A. Antioksidan adalah zat yang bisa melindungi sel terhadap efek radikal bebas. Radikal bebas mempunyai kemungkinan bisa mengundang terjadinya penyakit jantung, kanker dan penyakit lain. The American Heart Association merekomendasikan untuk mendapatkan antioksidan seperti beta karoten ialah dengan mengkonsumsi makanan misalnya buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Pada penyakit pancreas, penyakit mata, atau campak suplemen vitamin A dapat bermanfaat untuk orang yang memiliki pola makan buruk atau terbatas atau yang membutuhkan asupan tinggi vitamin A. Jumlah kebutuhan harian vitamin A pada tubuh yakni 900mcg pada pria dewasa dan 700mcg untuk wanita dewasa.

Berikut sebagian makanan yang mengandung sumber Vitamin A yang tinggi, berupa:
  • Bayam
  • Brokoli
  • Hati sapi
  • Ikan tuna
  • Kubis
  • Labu
  • Mangga
  • Telur 
  • Ubi
  • Wortel


Sebagian penelitian menunjukan bahwa vitamin A yang di konsumsi oral dapat bermanfaat untuk kesehatan. Di bawah ini merupakan manfaat dari vitamin A untuk kesehatan:

1. Mengatasi peradangan


Sifat antioksidan dalam vitamin A yang dapat menetralisir radikal bebas dalam tubuh yang menjadi pemicu kerusakan jaringan dan sel. Mengonsumsi vitamin A bisa membantu menurunkan resiko terjadinya alergi pada makanan tertentu.

2. Membantu mencegah kanker


Karena mampu mengendalikan sel-sel ganas dalam tubuh asupan vitamin A dapat membantu mengobati beberapa bentuk kanker.

3. Menjaga Kesehatan Mata


Bagian penting dari molekul rhodopsin yang diaktifkan saat cahaya bersinar pada retina ilaha vitamin A. Sementara beta karoten pada vitamin A berperan dalam mencegah degenerasi makula ialah penyebab utama kebutaan karena usia.

4. Menunjang kesehatan kulit dan pertumbuhan sel


Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kulit menjadi tidak sehat. Vitamin A diperlukan untuk penyembuhan luka dan pertumbuhan kembali kulit. Pada penelitian menunjukkan bahwa vitamin A bisa mengatasi jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Vitamin A dapat mengatasi gari dan kerutan pada kulit dan membantu memproduksi kolagen lebih banyak. Vitamin A juga bisa membantu menjaga kesehatan rambut.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Beberapa fungsi sistem kekebalan tubuh bergantung pada asupan vitamin A. Sebagian gen yang terlibat dalam respon sistem kekebalan diatur oleh vitamin A, sehingga vitamin A mempunyai peran penting untuk melawan kondisi serius seperti kanker, penyakit autoimun atau juga penyakit seperti flu.

Beta karoten yaitu juga antioksidan kuat yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit kronis. Pada suatu penelitian menemukan bahwa kekurangan vitamin A pada anak dapat meningkatkan resiko infeksi seperti diare dan campak.

Sekian beberapa manfaat dari vitamin A. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment