Friday, April 26, 2019

Kenapa Makanan Olahan Dapat Merusak Kesehatan

Faniujangherbal.blogspot.com - Tahukah Anda? Ham, bacon, salami, sosis, pepperoni, soda, atau berbagai makanan kalengan atau makanan olahan praktis yang umumnya lezat. Ternyata untuk mengonsumsinya tidak terlalu dianjurkan. Apabila satu dari sekian banyak orang yang menggemari jenis makanan yang tersebut mulailah untuk mengurangi, membatasi, bila perlu hindari. Karena terdapat beberapa alasan kenapa makanan olahan bisa pelan-pelan merusak kesehatan tubuh.

Alasan Kenapa Makanan Olahan Dapat Merusakn Kesehatan




Inilah beberapa alasan kenapa makanan olahan dapat berdampak buruk bagi tubuh:

  • Tinggi karbohidrat

Karbohidrat yaitu sumber energi yang baik untuk tubuh. Tetapi, bila asupan karbohidrat terlalu berlebihan, maka kadar gula darah bisa melonjak. Asupan karbohidrat berlebihan dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan yaitu kelebihan berat badan sampai meningkatnya risiko terkena diabetes.

  • Tinggi lemak trans

Mengonsumsi makanan olahan mengandung lemak trans, dapat mendorong oksidasi serta peradangan pada tubuh. Sebuah penelitian menyatakan bahwa saat seseorang makan makanan mengandung kadar lemak tersebut, ia mengalami peningkatan risiko penyakit jantung. Berhenti konsumsi makanan olahan ialah cara terbaik untuk menghindari lemak trans. Pilihlah makanan dengan sumber lemak alami seperti pada minyak kelapa dan minyak zaitun sebagai solusi alternatif yang tepat untuk kudapan.

  • Bikin ketagihan

Sebagian orang mengalami kecanduan makanan olahan dan mampu kehilangan kendali. Kecanduan ini di kategorikan “biasa saja” apabila dibandingkan dengan kecanduan obat-obatan terlarang. Tetapi, ini bisa berbahaya untuk kesehatan, yang dilansir dari Medical News Today. Kombinasi makanan olahan dan minuman dengan pemanis buatan berlebih, misalnya, bisa mengaktifkan area yang sama di otak layaknya narkoba.

  • Rendah nutrisi

Semakin sedikit vitamin, mineral, dan kandungan gizi lainnya yang bisa di dapat karena semakin banyak mengonsumsi makanan olahan. Justru, yang terjadi adalah makanan olahan bisa bikin berat badan melonjak. Beberapa kasus juga, vitamin dan mineral sintetis ditambahkan ke makanan untuk mengimbangi apa yang hilang selama pemrosesan. Tetapi, nilai gizinya tidak sebanding dengan makanan segar yang diolah sendiri.

  • Tinggi gula dan sirop jagung tinggi fruktosa

Minuman juga makanan olahan biasanya sarat dengan gula tambahan. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, sudah jelas bahwa pemanis buatan tak baik untuk tubuh. Gula memang tidak memiliki nutrisi penting, tapi kaya akan energi.

Itu dia beberapa alasan kenapa harus menjauhi makanan olahan, karena perlahan dapat merusak kesehatan. Sebaiknya pilih makanana dari bahan segar, yang kandungan nutrisinya baik untuk tubuh, terutama sayuran dan buah-buahan yang terbukti khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment