Thursday, April 4, 2019

Tanda Tubuh Kekurangan Gizi

Faniujangherbal.blogspot.com - Yakinkah kebutuhan gizi harian Anda terpenuhi? Tentu akan terasa aneh bukan, jika dijaman seperti sekarang, bahkan yang tinggal diperkotaan besarpun mengalami kekurangan gizi. Namun ternyata ini bukan hal aneh karena pola makan dengan komposisi gizi yang tidak seimbang atau diet berlebihan bisa menyebabkan seseorang mengalami kekurangan gizi.

Berikut Ini Tanda Tubuh Kekurangan Gizi


Makan tidak hanya bertujuan bisa mengatasi rasa lapar atau merasakan cita rasa makanan, adapun yang terpenting dari makan ialah terpenuhinya kebutuhan gizi atau nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Makanan yang tepat merupakan kunci penting agar dapat hidup dengan sehat. Tubuh tidak hanya membutuhkan kalori untuk beraktivitas, namun juga nutrisi lain, seperti lemak, protein, vitamin, mineral, dan lain-lain.

Tidak semua orang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Sehingga akan menyebabkan tubuh mengalami sejumlah gangguan. Berikut ini merupakan tanda dan gejala apabila tubuh kurang mendapatkan kebutuhan nutrisi, di antaranya:

1. Mudah Lelah


Merasa tidak mempunyai tenaga disepanjang hari, dapat menjadi tanda kurangnya asupan nutrisi tertentu didalam tubuh. Seperti zat besi atau kalori. Terlalu sedikit asupan mineral bisa menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah atau anemia.
Kalori ini ialah nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mempunyai energi. Dalam 1 hari, umumnya tubuh akan membutuhkan minimal 1000 kalori untuk menjalankan fungsi dasarnya. Apabila seseorang mempunyai aktivitas fisik, maka membutuhkan lebih dari 1000 kalori. Akan tetapi jika kalori yang dikonsumsi lebih dari yang dibutuhkan oleh tubuh maka akan disimpan sebagai lemak.

2. Rambut Rontok


Mengalami rambut rontok beberapa helai setiap harinya masih merupakan kondisi normal. Akan tetapi, apabila jumlah rambut yang rontok meningkat maka perlu mengoreksi asupan nutrisi harian. Sebab banyak nutrisi yang gdibutuhkan untuk menjaga pertumbuhan rambut tetap normal dan sehat. Kurangnya asupan kalori, protein, biotin, zat besi dan nutrisi lain adalah penyebab umum kerontokan rambut ini.

3. Kuku Bergerigi Atau Seperti Sendok


Asupan nutrisi yang kurang baik bisa menyebabkan sejumlah perubahan pada kuku. Adapun kuku dapat mejadi tipis dan rapuh atau melengkung seperti sendok, khususnya pada jari telunjuk atau jari ketiga. Hal ini dapat terjadi karena kekurangan zat besi, kalsium, protein,  vitamin A, B6, C atau D.

4. Gangguan Pada Gigi


Tanda asupan gizi yang tidak seimbang juga dapat menyebabkan adanya masalah pad mulut. Akibat kekurangan vitamin C bisa menyebabkan pendarahan, gingivitis (gangguan pada gusi karena iritasi).

5. Daya Tahan Tubuh Menurun


Mempunyai asupan nutrisi yang buruk bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan sehingga kemampuan untuk berperang dengan virus, bakteri, atau penyakit lainnya juga menurun. Sejumlah nutrisi yang pentng untuk sistem kekebalan tubuh adalah zinc, protein, vitamin A, C dan E.

6. Mudah Timbul Memar & Susah Sembuh


Apabila tubuh mudah untuk mengalami memar, khususnya jika terjadi tanpa sebab seperti habis jatuh /menabrak sesuatu maka terdapat kemungkinan hal ini disebabkan oleh asupan gizi yang kurang baik dan tidak seimbang. Adapun nutrisi yang mempengaruhi hal ini seperti protein, vitamin C atau vitamin K yang diperlukan tubuh untuk proses penyembuhan luka.

Demikianlah informasi mengenai tanda tubuh kekurangan gizi, semoga apa yang telah kami sampaikan di atas dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment