Monday, April 29, 2019

Bahaya Terlalu Banyak Duduk

Faniujangherbal.blogspot.com - Tahukah Anda, terdapat penelitian yang menyatakan bahwa seseorang yang menghabiskan waktu lebih dari 4 jam sehari mempunyai sejumlah resiko terkena penyakit seperti penyakit kardiovaskular. Informasi selengkapnya simak berikut ini.

Inilah Bahaya Terlalu Banyak Duduk Untuk Kesehatan




Pada sejumlah penelitian duduk dalam jangka waktu yang lama memiliki kaitan dengan beberapa masalah kesehatan seperti obesitas atau penyakit metabolik. Dengan menghabiskan waktu 4 jam sehari dalam duduk, maka dapat berisiko;

  • Mempunyai resiko 50% pening,katan kematian yang diakibatkan oleh sebab apapun
  • Memiliki sekitar 125% peningkatan resiko terjadinya penyakit kardiosvakular seperti nyeri pada dada atau serangan jantung.


Perlu Anda ketahui bahwa peningkatan resiko terjadinya serangan jantung ini berbeda dengan resiko yang disebabkan oleh merokok atau tekanan darah tinggi. Sejumlah solusi bisa dilakukan agar lebih banyak bergerak. Gerakan sederhana bisa dilakukan seperti dengan berdiri di area bekerja atau berjalan dalam beberapa menit.

Gerakan yang sederhana dan santai mampu memberikan dampak yang positif. yakni dapat membakar lebih banyak kalori, menurunkan berat badan, juga akan meningkatkan energi tubuh.

Aktivitas otot sangat dibutuhkan untuk berdiri dan juga gerakan lainnya bisa memicu proese penting yang memiliki kaitan dengan pemecahan lemak serta gula dalam tubuh. Ketika sedang duduk, proses ini menjadi macet dan resiko terjadinya penyakit akan meningkat.

Resiko yang bisa terjadi karena terlalu lama duduk


  • Menurunkan jumlah kalori yang di bakar
  • Meningkatkan penumpukan lemak pada tubuh
  • Meningkatkan resiko terjadinya sejumlah penyakit


Bagaimana langkah agar tetap sehat dan bugar saat bekerja yang banyak duduk?


  1. Siapkan camilan sehat di meja kerja untuk membatasi konsumsi kalori yang berlebihan saat bekerja. Buah-buahan untuk camilan ketika bekerja lebih sehat dari pada mengkonsumsi kue atau permen.
  2. Mencukupi kebutuhan air putih dengan mengkonsumsi 8-10 gelas setiap harinya. Hal ini bisa membantu tubuh tidak mengalami kekurangan cairan.
  3. Lakukanlah olahraga sederhana seperti berjalan berkeliling kantor atau naik turun tangga.
  4. Konsumsi menu sehat untuk makan siang.
  5. Aturlah jarak antara mata dan juga layar komputer untuk mencegah terjadinya sakit kepala dan ketegangan pada mata.

Demikianlah informasi mengenai bahaya terlalu banyak duduk untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment