Friday, April 26, 2019

Cara Merawat Kulit


Faniujangherbal.blogspot.com - Bagaimana cara meraat kulit? Mengunakan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 15 bisa membantu merawat kulit. Tabir surya ini bisa dioleskan secara menyeluruh dan diulangi setiap 2 jam atau lebih sering jika berada diruang terbuka dalam waktu lama dan berkeringat. Informasi lengkapnya simak berikut ini.


Begini Cara Merawat Kulit





Kulit ialah bagian tubuh yang terlihat oleh mata sehingga banyak orang terutama wanita sangat memperhatikan kondisi kulitnya. Selain itu, kulit juga merupakan cermin dari kondisi kesehatan seseorang. Adapun dalam menjaga agar kulit tetap sehat maka perlu melakukan kebiasaan yang sehat. Berikut sejumlah tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit :

Membatasi diri dari paparan sinar matahari langsung


Langkah penting dalam merawat kulit adalah dengan melindungi diri sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa membuat keriput, bintik-bintik penuaan, dan juga masalah lainnya serta dapat meningkatkan resiko kanker kulit. Untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari dibutuhkan sejumlah langkah seperti:
  • Menggunakan tabir surya.
  • Menghindari matahari saat bersinar paling kuat yaitu antara pukul 10 pagi hingga 2 siang.
  • Menggunakan pakaian pelindung dengan menggunakan kemeja lengan panjang, celana panjang, dan topi.

Menjaga kebersihan kulit


Selalu jaga kebersihan kulit setiap hari, dengan cara;
  • Membatasi durasi mandi. Air panas dan mandi dengan waktu yang lama bisa menghilangkan minyak dari kulit. Sehingga yang perlu dilakukan ialah membatasi durasi mandi dan menggunakan air hangat.
  • Menghindari penggunaan sabun untuk kulit. Membersihkan tangan atau bagian tubuh yang lain dengan menggunakan sabun untuk mencuci piring atau deterjen juga bisa menghilangkan minyak yang terdapat pada kulit.
  • Mencukur bulu pada kulit searah dengan tumbuhnya rambut dan gunakan pisau cukur yang tajam dan bersih.
  • Langkah mengeringkan tubuh ialah dengan menepuk-nepuk dengan handuk agar masih terdapat uap air untuk menjaga kelembapan kulit.
  • Gunakan lotion untuk melembabkan kulit yang juga mengandung tabir surya.

Berhenti merokok


Merokok bisa membuat kulit terlihat lebih tua dan menyebabkan keriput. Hal ini karena merokok bisa mempersempit pembuluh darah kecil pada lapisan paling dalam dari kulit yang bisa menurunkan aliran darah. Dengan begitu bisa menyebabkan kulit kurang mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Tidak hanya itu, merokok juga akan merusak kolagen dan elastisitas kulit.

Mengonsumsi makanan sehat


Konsumsi makanan yang sehat seperti sayur, biji-bijian, dan protein tanpa lemak akan membantu menjaga kesehatan kulit. 

Mengontrol stress


Stress yang tidak terkontrol bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif bahkan memicu terjadinya jerawat dan masalah kulit yang lain. Lakukan langkah-langkah untuk mengatasi atau menurunkan tingkat stress.

Berkonsultasi dengan dokter


Apabila terdapat masalah pada kulit seperti jerawat atau terdapat ruam pada kulit yang sulit diatasi, maka sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai cara merawat kulit. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment