Wednesday, April 24, 2019

Aturan Konsumsi Obat Maag

Faniujangherbal.blogspot.com - Maag bisa terjadi pada siapa saja dan merupakan jenis penyakit yang sering terjadi. Salah satu langkah penanganan yang mudah tentu dengan mengonsumsi obat maag. Namun, sering kali obat maag ini memiliki aturan khusus yang membingungkan. Untuk itu, yuk cari tahu aturan pakai sekaligus cara mengatasi maag tanpa obat. Silahkan disimak ulasannya.

OBAT MAAG, HARUS SEBELUM ATAU SESUDAH MAKAN?




Maag adalah suatu keadaan dimana asam lambung meningkat hingga kerongkongan dan dapat mengiritasi. Pada umumnya gejala yang dapat terjadi ialah adanya rasa seperti terbakar pada dada, nyeri dada dan sulit menelan. Penyakit maag bisa di atasi dengan cepat dan efektif dengan obat yang di jual bebas tanpa resep. Adapun salah satu penyebab dari maag yakni karena jadwal makan yang tidak teratur sehingga terjadi peningkatan asam lambung. Upaya yang bisa dilakukan ialah dengan perubahan pada hidup.

Terapi Pengobatan Maag Tanpa Resep


Ada sejumlah golongan obat yang efektif untuk mengatasi maag dan bisa di dapat tanpa menggunakan resep, seperti:

  • Antasida

Golongan obat antasida bekerja dengan cara menetralkan asam lambung. Obat ini bisa meredakan asam lambung dengan cepat, namun tidak bisa mengatasi iritasi pada lapisan kerongkongan. Obat ini dapat di konsumsi dalam kondisi perut kosong dan jika berbentuk tablet maka harus di kunyah.

  • Penghambat Reseptor H-2

Golongan obat ini akan bekerja dengan cara mengurangi produksi jumlah asam dalam lambung. Obat ini tidak bekerja secepat antasida, tetapi efekt terapinya bisa bertahan hingga 12 jam. Contoh dari obat ini misalnya famotidine, cimetidine, ranitidine. Jenis obat ini dapat di minum sebelum atau sesudah makan.

  • Inhibitor Pompa Proton (Proton Pump Inhibitor)

Obat ini mampu menghambat produksi asam dan juga membantu menyembuhkan kerusakan pada lapisan kerongkongan. Golongan obat ini lebih kuat dari penghambat reseptok H-2. Contoh dari obat ini diantaranya ialah pantoprazole, omeprazole, lansoprazole. Inhibitor pompa proton ini bisa dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dulu dengan apoteker di apotek untuk mengetahui cara pakai obat maag yang akan dikonsumsi.

Pola Hidup Sehat Untuk Mencegah Maag


Perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat bisa membantu menurunkan jumlah produksi asam lambung. Berikut sejumlah langkah yang bisa dilakukan ialah:
  • Menjaga berat badan agar tetap normal. Hal ini karena jika Anda mengalami kelebihan berat badan maka bisa menyebabkan perut tertekan sehingga menyebabkan peningkatan asam lambung.
  • Berhenti merokok. Merokok bisa mengurangi kemampuan kerongkongan untuk terbuka dan menutup.
  • Hindarilah membaringkan badan setelah makan.
  • Meninggikan posisi kepala di saat tidur.
  • Kunyahlah makanan dengan perlahan hingga halus sebelum menelannya.
  • Hindarilah minuman dan juga makanan yang bisa meningkatkan asam lambung seperti makanan pedas, alkohol, bawang putih, dan kafein.
  • Hindari juga makan 2-3 jam sebelum jadwal tidur.


Demikianlah informasi mengenai aturan konsumsi obat maag serta pola gaya hidup sehat yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment