Friday, April 5, 2019

Ketahui Manfaat Tahu

Manfaat Tahu - Faniujangherbal.blogspot.com - Tahu adalah makanan yang berasal dari kedelai dan sangat lekat dengan orang Indonesia. Bahkan hampir setiap harinya tahu dikonsumsi dalam berbagai jenis masakan dan camilan. Tahu ini terbuat dari endapan susu kedelai yang dikentalkan. Ada 3 jenis tahu yang umumnya dikonsumsi yaitu tahu padat, tahu lembut, dan tahu sutra. Adapun ketiga jenis tahu ini mempunyai kandungan nutrisi yang serupa, akan tetapi untuk kandungan kalorinya berbeda berdasarkan kepadatan tahu.

Manfaat Tahu Untuk Kesehatan


Tahu mempunyai kandungan protein dan asam amino esensial tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tahu ini mengandung banyak lemak, karbohidrat dan banyak jenis vitamin dan mineral. Di dalam 100 gram tahu mengandung;
  • Protein 8 gram
  • Karbohidrat 2 gram
  • Lemak 4 gram
  • Serat 1 gram
  • Mangan 31% dari kebutuhan harian tubuh
  • Selenium 14% dari kebutuhan harian tubuh 
  • Kalsium 20% dari kebutuhan harian tubuh
  • Tembaga 11% dari kebutuhan harian tubuh
  • Zinc 6% dari kebutuhan harian tubuh
  • Magnesium 9% dari kebutuhan harian tubuh
  • Zat besi 9% dari kebutuhan harian tubuh
  • Fosfor 11% dari kebutuhan harian tubuh

* Tahu hanya mempunyai total 70 kalori, dengan begitu tahu merupakan makanan yang sangat kaya nutrisi

Inilah Manfaat Tahu Untuk Kesehatan


1. Menurunkan resiko sejumlah jenis kanker

Menurut penelitian menunjukan bahwa tahu bisa menurunkan risiko terjadinya kanker prostat, payudara, dan sistem pencernaan.

  • Penurunan resiko kanker prostat

Terdapat beberapa penelitian yang menyatakan bahwa pria yang mengonsumsi kedelai dalam jumlah tinggi teutama tahu mempunyai sebesar 32-51% penurunan resiko terkena kanker prostat.

  • Penurunan resiko kanker payudara

Penelian menunjukan bahwa wanita yang mengonsumsi produk kedelai minimal 1 kali dalam seminggu mempunyai resiko 48-56% lebih rendah mengalami kanker payudara.

  • Penurunan resiko kanker pada sistem pencernaan

Berdasarkan sebuah penelitian, seseorang yang mengkonsumsi kedelai dalam jumlah banyak bisa menurunkan 7% resiko kanker sistem pencernaan.

2. Menurunkan resiko penyakit jantung


Terdapat penelitian yang menunjukan bahwa kacang-kacangan termasuk kedelai ini bisa menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung. Diketahui dengan kandungan isoflavon yang ada dalam kedelai mampu mengurangi peradangan pembuluh darah dan dapat meningkatkan elasitasnya. Kandungan ini juga bisa memberikan perlindungan pada jantung dengan cara menurunkan indeks massa tubuh (IMT), lingkar pinggang, dan menngkatkan kolestrol baik. Selain itu, diketahui juga kandungan saponin pada kedelai mampu menjaga kesehatan jantung.

3. Meningkatkan resiko diabetes


Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa isoflavon kedelai memiliki manfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Bahkan dalam salah satu penelitian ada wanita setelah menopause yang sehat, 100 mg isoflavon kedelai per hari diketahui bisa mengurangi kadar gula darah sebesar 15% dan meningkatkan kadar insulin sebesar 23%.

4. Meningkatkan kesehatan tulang


80mg isoflavon pada kedelai per harinya, berdasarkan penelitian diketahui mampu menurunkan pengeroposan tulang, khususnya diawal menopause.

5. Meningkatkan Fungsi Otak


Isoflavon pada kedelai juga dapat meningkatkan ingatan dan fungsi otak, terutama pada wanita yang berusia lebih dari 65 tahun.

6. Meningkatkan elastisitas kulit


Diketahui konsumsi 40mg isoflavon kedelai per hari bisa menyamarkan keriput dan meningkatkan elastisitas kulit selama 8-12 minggu.

Dengan banyaknya manfaat dan nutrisi pada tahu yang baik bagi kesehatan, sebaiknya mulailah mengonsumsi tahu. 

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai manfaat tahu. Semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment