Saturday, April 27, 2019

Penyebab Skizofrenia yang Berpengaruh pada Kejiwaan



Faniujangherbal.blogspot.com - Skizofrenia atau kesadaran atas kesehatan mental, banyak orang yang tidak mengetahui penyakit ini. Kebanyakan orang mengartikannya dengan kata "GILA".

Menurut dr I Gusti Rai Wiguna, SpKJ salah satu founder dari Rumah Berdaya yang merupakan tempat rehabilitasi psikososial bagi Orang dengan Skizofrenia (ODS) atau ODGJ "Skizofrenia sebenarnya adalah gangguan otak, ketidakseimbangan kimiawi di dalam otak yang gejalanya berupa gangguan jiwa. Sering distigma atau disalah artikan dengan istilah kurang tepat sebagai gila". Beliau menuturkan bahwa penyebab skizofrenia sebenarnya beragam. Mulai dari faktor genetik sampai trauma, karena setiap orang memiliki kerentanannya sendiri.

Dr Rai juga menjelaskan "Penyebabnya multifaktorial, sama halnya kencing manis banyak yang mengira penyebabnya Makanan, tapi banyak yang makanannya seperti itu nggak kencing manis. Jadi ada faktor internal, genetik, ada yang di sini (Rumah Berdaya -- red) sodaraan atau ayah-anak. Tapi bukan harus selalu genetik, ada yang lebih banyak lagi tidak punya keluarga skizofrenia tapi punya skizofrenia".

Berdasarkan keseluruhan masyarakat sendiri, sebenarnya mempunyai kerentanan sebanyak 1 % dari populasi. Jika seseorang memiliki siblings atau saudara kandung yang memiliki skizofrenia risikonya meningkat menjadi 10 %, sedangkan bila memiliki paman skizofrenia risikonya 6 %.

"Bukan hanya itu keadaan saat mengandung, misalnya selama mengandung mengalami trauma atau kekerasan. Atau ketika persalinan, kalau jaman dulu kan harus didorong-dorong. Kemudian faktor bullying di sekolah itu sangat berpengaruh. Kemudian penggunaan narkoba itu kan mengganggu zat kimia di otak. Itu kan saling berhubungan," katanya.

Maka itulah penyebab Skizofrenia, gangguan di otak yang berpengaruh pada kejiwaan seseorang. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment