Friday, April 26, 2019

Penyebab Telinga Sering Berdengung

Selamat bergabung kembali di situs faniujangherbal.blogspot.com yang merupakan penyedia berbagai informasi kesehatan yang akan menarik untuk disimak. Di kesempatan yang baik ini, kami akan memberikan pembahasan terkait penyebab telinga sering berdengung. Simak ulasannya.

Penyebab Telinga Sering Berdengung




Tinnitus (Telinga berdengung) bukan merupakan penyakit, namun sebuah gejala dari gangguan pendengaran, gejala kondisinya tidak serius, melainkan dapat mengganggu aktifitas. Untuk mengobati tinnitus dapat dilakukan jika sudah mengetahui penyebabnya.

Penyebab paling umum terjadinya tinnitus karena mendengarkan suara keras dalam waktu lama. Seperti menggunakan headphone untuk mendengarkan music adalah salah satu penyebabnya. Suara keras yang didengar menyebabkan kerusakan permanen pada sel-sel sensitive suara dari koklea (organ berbentuk spiral di telinga bagian dalam).

Beberapa penyebab tinnitus yang umumnya terjadi:

1. Faktor Usia


Gangguan pendengaran yang terjadi ini dapat menyebabkan timbulnya tinnitus. Bertambahnya usia dapat berdampak pada memburuknya pendengaran yang umumnya dimulai sekitar usia 60 tahun. 

2. Penyumbatan Kotoran Telinga


Ketika terlalu banyak kotoran telinga menumpuk dan susah untuk dibersihkan maka dapat menyebabkan gangguan pendengaran atau iritasi pada gendang telinga yang menimbulkan tinnitus. Namun, kotoran telinga juga memiliki manfaat menjaga kotoran dan bakteri dari luar memasuki saluran telinga.

3. Paparan Suara Keras


Mendengarkan music dengan suara keras melalui headphone dalam waktu lama dapat menimbulkan tinnitus. Sumber umum suara keras adalah perangkat music portable seperti iPod, Handphone, atau laptop. Paparan suara keras dalam jangka pendek tau panjang memiliki resiko yang sama menyebabkan kerusakan permanen pada telinga.

4. Perubahan Tulang Telinga


Pengerasan tulang di telinga bagian tengah (otosklerosis) dapat mempengaruhi pendengaran dan menyebabkan tinnitus. Kondisi ini disebabkan oleh pertumbuhan tulang yang tidak normal dan umumnya karena faktor genetik.

Itulah beberapa penyebab telinga berdengung atau dalam bahasa kesehatan Tinnitus. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment