Monday, April 22, 2019

Mitos Dan Fakta Jerawat

faniujangherbal.blogspot.com - Tahukah Anda, pernyataan bahwa jerawat hanya akan terjadi pada remaja ternyata hanya sekedar mitos karena hasil survey telah menunjukan bahwa orang dewasa yang berusia 30-50 tahun masih bisa mempunyai jerawat.

Ini Dia Mitos Dan Fakta Jerawat



Pernah tidak Anda mendengar berbagai saran mengenai cara pencegahan atau mengatasi jerawat dari orang sekigtar Anda? Biasanya cara yang di anjurkan oleh orang terdekat kita ialah seperti “jangan terlalu banyak makan kacang” atau “cuci muka lebih sering agar wajah bersih sehingga terbebas dari jerawat” bahkan ada juga yang menyebutkan “jangan banyak makan coklat”. Tapi ternyata faktanya sebagian besar yang diketahui oleh masyarakat mengenai jerawat mungkin hanyalah sekedar mitos.

Adapun berikut ini kami akan menginformasikan sejumlah mitos dan fakta tentang jerawat yang umumnya beredar di masyarakat.

1. Jerawat hanya akan terjadi pada remaja

Faktanya: Pernyataan tersebut hanya sekedar mitos, sebab menurut hasil survei menemukan bahwa orang dewasa yang berusia sekigtar 30-50 tahun masih mempunyai jerawat. Akan tetapi, di usia dewasa, jerawat berbeda dengan ketika berusia muda atau sekitar 16 tahunan (di masa pubertas). Diketahui, pada saat dewasa jerawat yang muncul umumnya di bagian sekitar mulut dan rahang yang berbentuk seperti bentol merah.

2. Mengonsumsi coklat dan produk susu bisa menyebabkan jerawat

Faktanya: Belum terdapat penelitian penunjang yang dapat menunjukan bahwa coklat atau makanan yang mengandung susu bisa menyebabkan jerawat.

3. Stress dapat memicu terjadinya jerawat

Faktanya: Masih beelum terdapat penelitian yang menunjang bahwa stress bisa memicu terjadinya jerawat.

4. Tabir surya dapat meningkatkan terjadinya jerawat

Faktanya: Penggunaan tabir surya dengan komposisi yang tepat tidak akan memicu terjadinya jerawat ataupun memperparah kondisi jerawat. Selain itu, Anda juga bisa memilih kandungan tabir surrya yang bisa digunakan untuk kulit berjerawat.

5. Jerawat dipicu karena jarang mencuci wajah

Faktanya: Mencuci wajah yang paling efektif adalah 2 kali sehari. Apabila terlalu banya mencuci wajah bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Di saat mencuci wajah juga tidak disarankan untuk menggosok karena dapat mengiritasi pori-pori yang dapat menymbat pori-pori.

6. Penggunaan make-up bisa memperparah jerawat

Faktanya: Sejumlah jerawat bisa memperparah terjadinya jerawat terutama penggunaan foundation cair. Namun penggunaan make up juga dapat menyumbat pori-pori dapat memicu terjadinya jerawat. Oleh karena itu pemilihan bahan make up perlu diperhatikan. Anda dapat berkonsultasi kepada dokter untuk pemilihan bahan make up yang aman bagi kulit berjerawat.

7. Matahari dapat membantu mengatasi jerawat

Faktanya: Sianr matahari mampu membantu mengatasi bila wajah hanya terpapar selama 10-20 menit per hari. Akan tetapi wajah yang terlalu lama terpapar sinar matahari bisa menyebabkan kulit mengalami iritasi atau jerawat yang bertambah parah.

8. Pola makan bisa mempengaruhi jerawat

Faktanya: Menurut penelitian mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi cenderung mempunyai jerawat yang sedang hingga parah. Perbanyaklah konsumsi sayuran dan juga buah-buahan yang akan menyehatkan kulit.

9. Jerawat tidak boleh di pencet

Faktanya:  Jerawat dapat dipencet atau dikeluarkan jika bagian ujungnya sudah terdapat warna putih atau kuning. Pemencetan jerawat perlu dilakukan dengan benar dan dengan kondisi tangan yang bersih. Sebaiknya pemencetan jerawat dilakukan oleh terapis di klinik kecantikan kulit.

Itulah pembahasan dari kami mengenai mitos dan fakta jerawat yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment