Thursday, April 18, 2019

Fungsi dari Kulit Manggis

faniujangherbal.blogspot.com - Pada kulit manggis terdapat bahan aktif Xanthone yang bermanfaat untuk tubuh dan bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manggis memiliki banyak manfaat sebagai obat seperti pada daging buah, kulit buah, ranting, kulit kayu. Buah tropis ini diketahui dapat membantu mengatasi banyak kondisi, tatapi belum ada cukup bukti ilmiah untuk menentukan keefektifannya.

Fungsi dari Kulit Manggis yang Luar Biasa



Buah Manggis bisa digunakan untuk mengatasi diare, infeksi saluran kencing, gonore, sariawan, tuberkulosis, gangguan haid, kanker, osteoarthritis, dan disentri. Manggis juga diketahui dapat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan kulit buah manggis yang bermanfaat sebagai obat adalah tanin.

Terdapat banyak kandungan dalam 100 mg pada buah manggis, berupa:
  • 0,4 gram lemak
  • 0,5 gram protein
  • 0,36 mg zat besi
  • 5,1 gram serat
  • 7,2 mg vitamin C
  • 15,6 gram karbohidrat
  • 10 mg kalsium
  • 50 IU vitamin A
  • 63 kalori


Berikut Manfaat lain dari buah manggis:


1. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh


xanthone terkandung dalam manggis yang meningkatkan banyak fungsi vital organ tubuh termasuk kekebalan tubuh. Sumber vitamin C yang baik untuk membantu mengikis radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit.

2. Dapat mengatasi jerawat


Salah satu penelitian, manggis mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan menghambat pemicu jerawat.

3. Bisa memperbaiki pencernaan


Dapat membantu mengatasi sembelit dan beberapa gangguan pencernaan lainnya. Manggis memiliki kandungan serat yang baik.

4. Meningkatkan kesehatan jantung


kandungan xanthone juga yang merupakan antioksidan kuat untuk menangkal radikal bebas dan mengurangi resiko serangan jantung.

5. Ekstraknya dapat mengatasi peradangan dan alergi


Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa ekstrak manggis memiliki sifat anti-alergi dan anti-inflamasi. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak manggis dapat bekerja bagus untuk menghambat prostaglandin dan histamin yang menjadi pemicu alergi atau peradangan. Alpha dan gamma mangostin ialah dua zat aktif pada manggis yang dapat memberikan efek anti-inflamasi.

6. Kulitnya dapat membantu melawan kanker


Pada salah satu penelitian menunjukkan kulit manggis mengandung salah satu xanthone yang dikenal sebagai alpha mangostin dan ternyata memiliki efek pencegahan kanker pada hewan. Kesimpulannya bahwa xanthone dapat membantu mengatasi kanker. Sebagian penelitian lain menemukan bahwa xanthone memiliki efek anti kanker pada usus, memperlambat pertumbuhan kanker prostat, anti kanker pada kanker payudara, anti kanker pada kanker kulit.

7. Dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah


Menurut penelitian menunjukkan bahwa manggis bisa berperan menghambat alfa-amilase (enzim yang memecah pati menjadi glukosa). Kandungan pada manggis yang dapat mengendalikan kadar gula darah adalah tannic acid dan oligomeric proanthocyanidin complexes (OPCs). OPC dikenal memiliki aktifitas sebagai antioksidan yang baik karena dapat berperan sebagai antibakteri, antiviral, anticarcinogenic, anti-inflamasi, dan anti-alergi.

Demikian pembahasan mengenai fungsi kulit manggis. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment