Saturday, April 27, 2019

Manfaat Ikan Laut Untuk Kesehatan

Selamat bergabung kembali di faniujangherbal.blogspot.com situs penyedia berbagai informasi kesehatan menarik. Di kesempatan ini, kami akan memberikan informasi mengenai sejumlah manfaat dari ikan laut bagi kesehatan.

Inilah Manfaat Ikan Laut Untuk Kesehatan




Ikan laut telah populer dengan kandungan nutrisi penting yang ada di dalamnya seperti vitamin D, protein, dan sumber terbaik omega-3. Kandungan inilah yang sangat penting bagi tubuh dan otak. Adapun kandungan ikan yang mempunyai nutrisi omega-2 lebih tinggi dari yang lain yaitu ikan salmon dan ikan tuna.

Berikut ini merupakan manfaat ikan laut, antara lain:

Menurunkan Resiko Serangan Jantung dan Stroke


Diketahui berdasarkan penelitian, konsumsi 1 porsi ikan atau lebih dalam seminggu mempunyai resiko 15% lebih rendah terkena penyakit jantung. Hal ini dipercaya karena mempunyai kandungan tinggi omega-3.

Kandungan omega-3 ini juga dapat menurunkan resiko aritmia yang dapat menyebabkan kematian mendadak, menurunkan kadar trigliserida, laju pertumbuhan plak (ateroklerosis), dan menurunkan tekanan darah.

Mencegah Penurunan Fungsi Otak Karena Penuaan


Fungsi otak dapat menurun seiring dengan bertambahnya usia. Berdasarkan penelitian, seseorang yang mengonsumsi lebih banyak ikan laut dapat mengalami penurunan fungsi otak lebih lambat.

Mengandung Nutrisi Penting Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan


docosahexaenoic acid (DHA) atau omega-3 ini sangat penting untuk perkembangan otak dan mata. Akan tetapi, karena ikan laut mengandung merkuri tinggi maka bagi ibu hamil konsumsinya perlu di batasi, yaitu 340 gram perminggu. Selain itu, ibu hamil juga diharuskan untuk menghindari ikan mentah karena kemungkinan mengandung mikroorganisme yang membahayakan janin.

Menjaga Kesehatan Penglihatan Pada Lansia


Sejumlah penelitian menunjukan bahwa kandungan omega-3 pada ikan bisa menjaga kesehatan mata. Dalam suatu penelitian, konsumsi ikan secara teratur bisa menurunkan resiko 42% terjadinya gangguan pada mata.

Mengurangi Resiko Penyakit Autoimun Termasuk Diabetes Tipe 1


Penyakit autoimun terjadi saat sistem kekebalan tubuh malah menyerang dan menghancurkan tubuh yang sehat. Misalnya seperti diabetes tipe 1 yang menyebabkan sistem kekebalan menyerang pankreas. Sejumlah penelitian sudah menemukan bahwa konsumsi omega-3 atau minyak ikan bisa menurunkan resiko diabetes tipe 1 pada anak-anak dan dewasa.

Meningkatkan Kualitas Tidur


Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 95 pria berusia paruh baya, dengan mengonsumsi 3 kali setiap minggu membuktikan terjadinya peningkatan kualitas tidur. Para peneliti menyimpulkan hal ini dipengaruhi olleh kandungan vitamin D yang terdapat pada ikan salmon.

Sekian pembahasan mengenai sejumlah manfaat dari ikan laut bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment