Wednesday, April 24, 2019

Cara Mengurangi Keriput

Tips Kesehatan - Faniujangherbal.blogspot.com - Tahukah Anda bahwa mengurangi keriput ternyata dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Seperti dengan merubah pola makan dan menjalani gaya hidup sehat. Informasi lengkapnya simak berikut ini.

BAGAIMANA CARA MENGURANGI KERIPUT?




Seperti yang telah kita ketahui, keriput dan garis halus ini biasanya akan muncul karena faktor pertambahan usia. Akan tetapi, keriput juga bisa disebabkan oleh sejumlah hal seperti penurunan elastisitas kulit, paparan sinar matahari, dan faktor keturunan. Munculnya kerutan di kulit ini bisa di kurangi dengan melakukan perubahan gaya hidup. Di antaranya:

Menghindari paparan sinar matahari


Matahari merupakan pemicu tertinggi terjadinya kerutan. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa orang yang mendapatkan sedikit paparan sinar matahari akan mempunyai keriput lebih sedikit dan terlihat lebih muda. Anda bisa menggunakan tabir surya apabila berada di bawah paparan sinar matahari. Adapun penggunaan tabir surya ini bisa membantu Anda untuk mencegah keriput dan kanker kulit.

Memiliki waktu tidur yang cukup


Saat tubuh tidak mendapatkan tidur yang cukup maka tubuh akan memproduksi hormone kortisol yang bisa memecah sel kulit. Dengan istirahat yang cukup, maka akan membuat tubuh memproduksi hormone pertumbuhan manusia sehingga mamapu membantu kulit untuk lebih elastis dan cenderung tidak berkerut.

Menjaga kelembapan kulit


Ketika kulit dalam keadaan kering maka keriput akan menjadi lebih terlihat, kulit yang mempunyai tingkat kelembapan baik dapat membantu mengurangi kerutan terutama pada dahi. Anda bisa mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari untuk menjaga kelembapan kulit. AAdapun ketika melakukan olahraga atau berada dibawah paparan sinar matahari maka tentu perlu mengonsumsi air putih lebih banyak.

Mengkonsumsi makanan sehat


Menurut penelitian, diketahui bahwa asupan vitamin C dan asam linolenat bisa mengurangi terjadinya kulit kering. Vitamin C juga bisa berperan untuk mengurangi resiko keriput. Anda harus membatasi mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan karbohidrat karena bisa meningkatkan terjadinya keriput.

Berhenti merokok


Dalam sejumlah penelitian, ada yang menunjukan bahwa seseorang yang merokok akan mengalami penurunan enzim yang memproduksi kolagen dan elastin. Selain itu dinyatakan juga bahwa seseorang yang merokok mempunyai kulit lebih keriput dari pada yang tidak merokok.

Penggunaan kosmetik untuk mengatasi keriput


Sejumlah kosmetik bisa membantu mengatasi keriput dan menyamarkan garis halus. Berikut ini beberapa produk kecantikan yang dapat membantu, antara lain:

  • Retinol

Retinol merupakan bentuk yang lebih ringan dari tretinoin yang bisa membantu mengatasi jerawat dan keriput. Retinol ini mampu membantu meningkatkan regenerasi sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Namun sayangnya, retinol tidak dapat digunakan dibawah sinar matahari sehingga sebaiknya harus Anda gunakan hanya di malam hari.

  • Asam glikolat

Asam glikolat merupakan asam alfa hidroksi yang digunakan untuk mengelupaskan kulit dan menumbuhkan kulit yang lebih muda. Kandungan ini bisa meningkatkan sensitivitas terhadap paparan matahari, sehingga perlu memakai tabir surya setelah penggunaan asam glikolat.

  • Vitamin C

Kandungan vitamin C yang digunakan dengan topikal atau dioleskan pada kulit bisa meningkatkan produksi kolagen dan melindungi terhadap kerusakan sinar UV A dan UV B, memperbaiki masalah pigmentasi, dan memperbaiki kondisi kulit yang sedang bengkak. Adapun sebagian befsar hasil penelitian mengungkapkan bahwa asam L-askorbat merupakan paling bagus untuk menghilangkan kerutan.

  • Idebenone

Idebenone merupakan kandungan antioksidan yang kuat, dimana berdasarkan penelitian diketahui bahwa penggunaan selama enam minggu bisa memberikan penurunan tingkat kekasaran, kekeringan kulit, dan peningkatan kelembapan. Selain itu, juga ditemukan penurunan garis dan keriput dan perbaikan secara keseluruhan pada kulit yang rusak akibat sinar matahari.

Itulah pembahasan mengenai cara mengurangi keriput yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment