Saturday, April 27, 2019

Risikonya Diet Yoyo bagi Kesehatan



Faniujangherbal.blogspot.com - Diet Yoyo merupakan pola diet yang menyebabkan berat badan cepat turun dan cepat untuk naik kembali. Jika dilihat dalam sekilas,diet yoyo memang nampak tidak begitu membahayakan. Namun jika sering dilakukan dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh. Apabila berat badan naik-turun secara tidak konsisten,ini masalah kesehatan yang mungkin terjadi:

1)Hilangnya masa otot


selama manjalani diet,tubuh akan kehilangan massa otot dan lemak tubuh.lemak mudah di dapat kembali ketimbang otot setelah diet.jadi,hal tersebut dapat menyebabkan lebih banyak kehilangan otot seiring berjalannya waktu.

efek tersebut dapat diminimalkan dengan melakukan angkat beban misalnya dan berolahraga juga dapat membangun otot tot bahkan jika anda sedang dalam proses penurunan berat badan.


2)Risiko penyakit jantung dan pembuluh darah


penyakit tersebut merupakan salah satu dampak negatif dari diet yoyo,pada penelitian tahun 2000 di italia disebutkan risiko terkena hipertensi dan faktor penyakit jantung juga berhubungan dengan diet yoyo.

3)Risiko Diabetes


15 orang dewasa melakukan penelitian yang menunjukan bahwa ketika partisipan mengalami kenaikan berat badan selama 28 hari penurunan berat badan,sebagian besar lemak tersimpan diperut.karena lemak perut lebih cenderung menyebabkan diabetes daripada lemak yang tersimpan di tempat lain.

4)Masalah Psikologi 


diet dianggap gagal jika berat badan yang diinginkan tidak tercapai,tentu akan membuat anda menjadi frustasi.selain itu,diet yoyo dapat menyebabkan seseorang mengalami bingeating.bingeating merupakan penyimpangan prilaku makan ketika seseorang makan dalam porsi yang cukup besar dan tidak dapat berhenti.apabila kondisi tersebut terus berlanjut akan menyebabkan obesitas mudah terjadi.

Diet yang sehat dan seimbang dapat meningkatkan kesehatan tubuh,mengurangi risiko diabetes mellitus maupun penyakit jantung,memperbaiki kualitas tidur,serta membenahi mood Anda.

Diet yoyo memang tidak terlalu disarankan,karna biasanya penurunan berat badan tidak dapat dilakukan secara instan butuh proses dan kesabaran.agar mendapatkan berat badan yang ideal lakukan dengan pola makan yang baik dan olahraga dengan teratur.

Nah itu dia dampak atau pengaruh buruk juga risiko yang kemungkinan terjadi apabila melakukan program diet yoyo. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment